Alat Baru Facebook Mampu Identifikasi Wajah

Rabu, 24 Juni 2015 - 10:19 WIB
Alat Baru Facebook Mampu...
Alat Baru Facebook Mampu Identifikasi Wajah
A A A
MENLO PARK - Dari sebuah penemuan oleh para peneliti Facebook, berhasil ditemukan fitur baru. Facebook kini dapat mengenali orang dalam berbagai foto, bahkan ketika wajahnya tersembunyi atau tidak terlihat.

Dikutip dari TimesofIndia, Rabu (24/6/2015), sebuah algoritma akan mengenali wajah seseorang, melalui karakteristik unik mereka. Mulai dari tatanan rambut, pakaian, bentuk tubuh dan pose.

Kepala Peneliti Facebook, Yann LeCun, ingin melihat apakah algoritma wajah dapat disesuaikan untuk mengenali orang. Mulai dari pengambilan gambar yang jelas, hingga wajah seseorang tidak jelas.

Tim peneliti menarik hampir 40.000 foto dari Flickr. Beberapa orang dengan wajah yang jelas terlihat, dan beberapa diantaranya yang sedang berpaling.

Algoritma akhir mampu mengenali identitas individu dengan akurasi 83%, seperti dilaporkan New Scientist. LeCun mengatakan, alat tersebut berguna bagi orang yang menjaga privasinya. Karena meskipun dapat teridentifikasi tapi tetap terjaga kerahasiaannya ketika muncul di internet.

Meskipun begitu, kemampuan mengidentifikasi wajah seseorang ini masih menimbulkan beberapa implikasi privasi yang serius.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0682 seconds (0.1#10.140)