Aplikasi Pihak Ketiga Down, Begini Penjelasan Twitter

Rabu, 18 Januari 2023 - 08:14 WIB
loading...
Aplikasi Pihak Ketiga Down, Begini Penjelasan Twitter
Setelah beberapa hari, Twitter akhirnya memberikan penjelasan mengapa banyak klien aplikasi pihak ketiga, seperti Tweetbot dan Twitterrific, tetap down. Foto/Reuters
A A A
SAN FRANSISCO - Setelah beberapa hari, Twitter akhirnya memberikan penjelasan mengapa banyak klien aplikasi pihak ketiga, seperti Tweetbot dan Twitterrific, tetap down. Namun, jawaban dari perusahaan milik Elon Musk ini tidak membuat siapa pun puas.

Twitter hanya memberikan penjelasan bahwa aplikasi pihak ketiga melanggar aturan API-nya. Namun masih belum jelas aturan mana, jika ada, yang benar-benar dilanggar.

“Twitter menegakkan aturan API yang sudah lama ada. Itu dapat mengakibatkan beberapa aplikasi tidak berfungsi,” keterangan akun Twitter Dev resmi dalam keterangan singkat melalui tweet yang dikutip SINDOnews dari laman pcmag, Rabu (18/1/2023).

Baca juga; Banned Akun Twitter Wartawan dan Larang Link Mastodon, Elon Musk Diperingatkan Pejabat Uni Eropa

Antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface/API) Twitter dirancang untuk memungkinkan situs dan aplikasi pihak ketiga menarik tweet dari layanan. Namun kebijakan untuk API mencakup berbagai batasan, yang dapat melarang klien pihak ketiga mengumpulkan data lokasi.

Oleh karena itu, pernyataan dari akun Pengembang Twitter menilai bahwa klien pihak ketiga melanggar API Twitter dengan cara tertentu. Namun, perusahaan tidak menjelaskan aturan mana yang sebenarnya dilanggar. Jadi klien pihak ketiga belum memiliki solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Ketidakjelasan tersebut menyebabkan co-creator Tweetbot, Paul Haddad, menanggapi dengan leluconnya sendiri. “Saya ingin meminta maaf secara terbuka kepada Twitter karena telah melanggar aturan API lama,” tulisnya di akun Mastodon miliknya.

Haddad mengatakan Tweetbot mungkin perlu dihapus jika tidak lagi dapat mengakses API Twitter. Tweetbot adalah aplikasi klien pihak ketiga untuk situs jejaring sosial Twitter yang dimaksudkan untuk digunakan pada platform iPhone, iPod Touch, iPad, dan Mac Apple Inc.

Baca juga; Alasan Twitter Larang Seluruh Tautan ke Instagram dan Facebook

Tapbots, penerbit Tweetbot, menambahkan “Tweetbot telah ada selama lebih dari 10 tahun, kami selalu mematuhi aturan API Twitter. Jika ada beberapa aturan yang harus kami patuhi, kami akan dengan senang hati melakukannya, jika memungkinkan. Tapi kita perlu tahu apa itu.”

Sementara itu, Twitterrific mengatakan pada hari Jumat bahwa tidak ada yang dikomunikasikan kepada mereka tentang pelanggaran aturan apa pun. “Tidak ada kabar resmi dari Twitter tentang apa yang sedang terjadi,” tulis penerbit Twitterrific, IconFactory, dalam posting blog.

Pengguna telah berspekulasi Twitter memotong akses ke API karena klien pihak ketiga tidak membawa pendapatan iklan apa pun. Namun sejauh ini, Elon Musk tetap bungkam tentang masalah tersebut.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2603 seconds (10.101#12.26)