Antisipasi Serangan Siber yang Meningkat, OMSP Diminta Lebih Diperkuat

Jum'at, 20 Januari 2023 - 14:52 WIB
loading...
A A A
Sedangkan pada aspek pembangunan, relevansi/efektivitas OMSP akan dilihat lebih jauh peranannya terkait kesehatan masyarakat dan ketahanan pangan nasional.

“OMSP juga berdampak terhadap perkembangan hubungan sipil-militer, utamanya terkait sekuritisasi krisis pangan, pengaruh politik, dan reformasi militer yang stagnan,” ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertahanan Mayjen Jonni Mahroza menyampaikan bahwa OMSP Indonesia mengikuti praktik umum di seluruh dunia dan memiliki legalitas dalam kebijakan pemerintah Indonesia berdasarkan penilaian objektif.

“OMSP Indonesia perlu dipahami per kasus mengingat karakteristik yang berbeda di setiap kasus. Saat ini belum ada perubahan signifikan atas perencanaan strategis pertahanan pelaksanaan OMSP pasca pandemi COVID-19,” katanya.

Tercatat, kontribusi industri pertahanan terhadap pemenuhan perlengkapan pertahanan ditargetkan meningkat menjadi 60% pada 2024 dari 43% pada 2019.

Peningkatan tersebut utamanya berasal pada peningkatan ekspor produk industri pertahanan ataupun komponen dalam rantai pasok global serta pemeliharaan dan perawatan lokal.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)