Ahli Ungkap Malware Godfather Mampu Bobol Mobile Banking dengan Mudah

Jum'at, 13 Januari 2023 - 21:54 WIB
loading...
Ahli Ungkap Malware Godfather Mampu Bobol Mobile Banking dengan Mudah
Malware Godfather Mampu Bobol Mobile Banking. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Malware Godfather diungkap Badan regulasi keuangan Jerman (BaFin). Malware ini tercatat telah menyerang sebanyak 400 aplikasi m-banking dan cryptocurrency.

BACA JUGA - Serangan Malware dengan Target Gamer Meningkat

Malware ini memiliki nama asli Godfather Trojan. Malware Godfather dapat menginfeksi perangkat melalui aplikasi di Google Playstore yang telah disusupi malware. Aplikasi ini adalah MYT Muzik yang merupakan aplikasi tiruan dari aplikasi MYT Music.

Perangkat yang telah terjangkit malware ini memiliki beberapa ciri-ciri, yakni performa yang lambat; beberapa pengaturan berubah dengan sendirinya tanpa adanya persetujuan dari pengguna.

Munculnya aplikasi secara misterius; baterai dan paket data terkuras dengan cepat; browser dapat berpindah ke halaman baru dengan sendirinya; serta munculnya iklan yang mengganggu.

Malware Godfather memiliki kemampuan untuk mencatat input data ke aplikasi perbankan dan kripto. Selain itu, malware ini juga mampu mengakses SMS, kontak, notifikasi, merekam layar, membuat panggilan, dan mengedit penyimpanan eksternal.

Lebih parahnya lagi, malware Godfather dapat mencegah korbannya untuk menghilangkan malware tersebut. Malware ini dapat mengakses pin dan password perangkat korban.

Mereka akan mengirimkan notifikasi palsu supaya korban terkecoh untuk memencetnya.

Godfather menargetkan sekitar 200 aplikasi perbankan dan 100 platform cryptocurrency serta 94 aplikasi dompet kripto.

Malware ini juga dapat melakukan pemeriksaan terhadap aplikasi yang terinstall di perangkat korban.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2696 seconds (11.97#12.26)