Tips Menggunakan Kamera 108 MP, Ultrawide, Selfie, dan Macro di Smartphone

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:21 WIB
loading...
Tips Menggunakan Kamera 108 MP, Ultrawide, Selfie, dan Macro di Smartphone
Masing-masing kamera di smartphone memiliki kegunaannya sendiri yang optimal. Foto: dok Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Besarnya resolusi kamera di HP memang tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Tapi, saat ini tren resolusi kamera smartphone memang terus membesar dari waktu ke waktu.

Kini sejumlah smartphone sudah mengusung kamera 108MP. Salah satunya Galaxy A73 5G.

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan menjelaskan bahwa resolusi kamera 108 MP bukan satu-satunya tolak ukur untuk mendapatkan kualitas foto dan video yang baik.

“Tapi, bisa dilihat juga dari teknologi lain yang menyertainya. Misalnya, Optical Image Stabilization (OIS) membuat pengguna bisa mendapat foto yang lebih detail dan video yang lebih smooth, bahkan saat low light,” ujarnya.

“Sertifikasi IP67 tahan air dan debu juga memudahkan mereka merekam konten di berbagai kondisi,” beber Ilham.

Ilham mengatakan, untuk bisa merekam foto dan video dengan hasil terbaik, pengguna harus memahami masing-masing penggunaan lensa kamera yang disediakan.

1. Kamera utama 108 MP
Tips Menggunakan Kamera 108 MP, Ultrawide, Selfie, dan Macro di Smartphone

Kamera utama 108 MP penting untuk mengabadikan konten foto maupun video. Di kamera ini sudah dibenamkan fitur-fitur pendukung seperti Artificial Intelligence (AI) yang mendukung teknik nona-binning, Detail Enhancer dan Enhanced HDR, teknologi Big Pixel Sensor, serta Video Digital Image Stabilization (VDIS) penting untuk mendapat hasil video yang lebih smooth, tajam, dan stabil. Termasuk resolusi rekam video hingga 4K 30fps di kamera depan maupun belakang.

Kamera 108 MP ini bisa dipakai untuk foto Portrait, hingga membuat video yang stabil dan tajam.

2. Ultra Wide Camera
Tips Menggunakan Kamera 108 MP, Ultrawide, Selfie, dan Macro di Smartphone

Ultra Wide Camera biasanya memiliki resolusi 8 atau 12 MP. Gunanya untuk membuat photo group hingga foto landscape. Peran lensa ultra wide di smartphone sangat penting karena ada kalanya kita perlu bidang pandang lebih luas saat mengabadikan momen. Pengguna, misalnya, bisa merekam momen seperti cityscape dengan bangunan dan orang-orang di sekitarnya secara utuh.

3. Lensa Macro
Tips Menggunakan Kamera 108 MP, Ultrawide, Selfie, dan Macro di Smartphone

Lensa Macro umumnya memiliki resolusi 2 MP atau 5 MP. Gunanya untuk menangkap detail lebih nyata dari jarak yang dekat. Tipsnya, dekatkan perangkat dengan jarak kurang dari 5cm dari objek dan atur fokus. Lensa ini ideal untuk foto objek seperti bunga atau serangga dari jarak dekat supaya hasilnya lebih standout.

Bisa juga mengkreasikan lensa makro untuk bikin foto makanan agar lebih menggoda dengan menangkap detail lebih dari plating atau elemen tertentu makanan tersebut.



4. Kamera Selfie
Kamera selfie saat ini bisa berukuran hingga 32MP seperti di Galaxy A73 5G. Mengapa? Tujuannya untuk bisa menghasilkan konten video TikTok dan Instagram yang jernih. Dengan resolusi tinggi, hasil foto dan video yang ditangkap akan lebih memuaskan, termasuk untuk di-uploadkeInstastory.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)
pixels