Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak-anak dan Remaja

Senin, 02 Januari 2023 - 20:46 WIB
loading...
A A A
Bukan rahasia lagi bahwa remaja sangat sulit diatur. Maka dari itu, jika langkah pertama gagal, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah dengan menjauhkan mereka dari konsol game.

Di awal mungkin memang ada perlawanna, tapi jangan hiraukan demi kebaikan mereka.

Dengan menjauhkannya dari konsol game, para remaja mau tidak mau akan membiasakan diri untuk tidak memegang konsol game mereka. Dalam waktu yang lama, cara ini dapat mrnghilangkan ketergantungan akan game online.

3. Uninstall Game Secara Total
Dengan menghapus semua aplikasi game, secara otomatis akan berhenti memainkan game online dan lebih fokus pada hal lainnya. Jika ingin cara yang lebih ekstrem, bisa dengan menghapus akun atau karakter di dalam game yang dimainkan.

Dengan demikian, remja yang kecanduan game akan benar-benar terbebas dari game online yang selama ini menghambat diri mereka. Mereka pun cepat atau lambat akan bisa melepaskan diri dari kecanduan game online.

4. Ajak bermain di luar
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak mereka bermain di luar. Bisa dengan melakukan kegiatan yang mengasyikkan agar perhatian mereka benar-benar teralihkan dari game online.

Buat remaja menikmati kebersamaan dan keseruan agar mereka lupa tentang semua hal yang berhubungan dengan game online. Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil maksimal agar mereka bisa melupakan game online secara total.

5. Jauhkan dari apapun yang berkaitan dengan game online
Langkah terakhir agar remaja bisa lepas dari kecanduan game online adalah dengan menjauhkan mereka dari segala sesuatu yang bergaitan dengan game online. Tak terkecuali segara informasi terkait game online.

Mencari tahu tentang game online hanya akan memperbesar keinginan untuk bermain game. Apalagi jika ada update game baru yang lebih seru atau ada event yang menawarkan hadiah menggiurkan, pasti hasrat untuk bermain game akan semakin menggebu-gebu.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)