Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak-anak dan Remaja

Senin, 02 Januari 2023 - 20:46 WIB
loading...
Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak-anak dan Remaja
Cara Mengatasi Kecanduan game pada Anak-anak. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi kecanduan game online pada anak-anak dan remaja sangat menarik untuk diulas.



Mengingat saat ini ada banyak sekali remaja yang terjebak dalam situasi itu hingga tak jarang orang tua juga merasa lelah untuk mencoba menyembuhkannya.

Untuk diketahui, kecanduan bermain game online akan membawa dampak buruk bagi remaja. Aih-alih membuat mereka merasa senang, kecanduan game online justru malah bisa membuat mudah lelah, sakit kepala, nyeri punggung, hingga berkunang-kunang.

Sialnya, para pecandu game online akan cenderung mengabaikan hal itu yang tentunya kedepan malah akan memperparah gejala.

Lantas Bagaimana cara mengatasi kecanduan game online pada remaja? Berikut paparannya, melansir dari berbagai sumber, Senin (2/1/2023):

1. Membatasi durasi bermain game
Langkah pertama yang bisa diambil adalah dengan membatasi durasi bermain game. Orang tua harus ikut andil dalam hal ini dan juga tegas.

Jadwalkan waktu bermain game remaja sesuai dengan kesepakatan bersama. Batasi juga durasinya.

Berikan waktu bermain selama 5 jam saja. Selanjutnya kurangi durasi bermain menjadi 3-4 jam. Lakukan proses ini secara bertahap sampai remaja yang kecanduan game benar-benar lepas dan tidak bergantung pada game online tersebut.

2. Jauhkan dari konsol game
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)