Jenis Modus Penipuan WhatsApp yang Perlu Diwaspadai, Terbaru Pura-pura Jadi Kurir

Jum'at, 16 Desember 2022 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Modus penipuan minta OTP
Modus penipuan meminta kode OTP jadi salah satu yang sering terjadi. Pelaku akan memberikan seribu satu alasan agar calon korban percaya dan memberikan OTP yang masuk.

Jika kode OTP tersebut diberikan, maka siap-siap kehilangan akun WhatsApp . Penipu akan menggunakan WhatsApp korban untuk melancarkan aksi penipuan lain. Untuk itu jangan pernah sekali-kali memberikan OTP kepada orang lain.

Modus penipuan berpura-pura sebagai kurir
Yang terakhir dan sedang marak terjadi adalah modus penipuan berpura-pura sebagai kurir. Di sini penipu akan berpura-pura menjadi kurir paket dan mengirimkan sebuah file berbahaya.

Pelaku menamai file berbahaya tersebut dengan "Lihat Foto Paket" untuk mendorong korban mengklik file yang dikirimkan. Padahal jika file tersebut di klik dan diinstall, maka pelaku akan memiliki akses untuk membaca dan juga mengirimkan SMS.



Ketika SMS yang masuk sudah menyangkut OTP rekening, di sini pelaku akan dengan sigap melancarkan aksinya. Pelaku yang sudah mendapat akses OTP dapat dengan mudah melakukan login dan juga transfer.

Agar terhindar dari modus penipuan ini, diimbau untuk jangan sembarangan menginstal aplikasi aplagi yang tidak diketahui sumbernya. Agar lebih aman selalu unduh aplikasi dari Play Store maupunAppStore.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3083 seconds (0.1#10.140)