Honda BeAT dan Vario Dikonversi ke Listrik, Mesinnya Bisa Dipakai Bertani

Senin, 12 Desember 2022 - 11:00 WIB
loading...
Honda BeAT dan Vario Dikonversi ke Listrik, Mesinnya Bisa Dipakai Bertani
Saat ini, Motoris baru menyediakan teknologinya untuk Honda BeAT dan Vario. Foto: dok Motoriz
A A A
JAKARTA - Tren konversi motor atau skutik biasa menjadi kendaraan listrik diperkirakan akan terus meningkat. Ini karena konversi motor konvensional menjadi motor listrik menjadi salah satu kebijakan pemerintah Indonesia untuk mempercepat tren elektrifikasi.

Lewat Kementerian Perhubungan, setiap bengkel yang ingin melakukan konversi harus memiliki sertifikat. Salah satu bengkel yang menyediakan jasa konversi adalah Motoriz, yang baru saja membuka cabang ketiga di kawasan Jakarta Selatan. Saat ini, Motoris baru menyediakan teknologinya untuk Honda BeAT dan Vario.

Nah, pertanyaan banyak orang adalah bagaimana nasib mesin lama setelah motor mereka dikonversi menjadi listrik?

Ini karena seluruh bagian mesin hingga roda belakang dilepas untuk dipasangkan motor listrik, baterai, dan roda belakang. CEO Motoriz Okro Larido mengatakan, keputusan untuk nasib mesin lama dikembalikan kepada konsumennya.

Ia menjelaskan bahwa Motoriz juga siap membantu mendistribusikan mesin tersebut. “Kami memberi kebebasan kepada konsumen, mereka mau membawa mesinnya atau digunakan untuk keperluan lain. Kami juga akan menawarkan opsi untuk mendistribusikannya,” kata Okto saat peluncuran Motoriz Bintaro, belum lama ini.

Okto menjelaskan bahwa Motoriz juga sudah berdiskusi dengan beberapa pihak dalam pendistribusian mesin motor yang sudah tidak terpakai. Nantinya mesin tersebut akan diberdayakan oleh mereka yang membutuhkan demi mempermudah aktivitas.

“Kami sudah berbicara dengan beberapa pihak. Seperti asosiasi kelapa sawit untuk jadi mesin langsiran sawit. Kami juga sudah berbicara dengan masyarakat nelayan, dan juga pertanian untuk dijadikan mesin pencacah padi dan lainnya,” ujar Okto.

Konsumen juga tidak memberikan secara cuma-cuma mesin motor lama mereka kepada Motoriz. Nantinya akan ada perhitungan mengenai berapa jumlah yang sesuai untuk mesin tersebut berdasarkan kondisinya.



Motoriz sendiri bukan hanya bengkel untuk mengkonversi motor, melainkan bengkel umum yang juga menjual dan menyewakan motor listrik. Selain itu, terdapat stasium penukaran baterai khusus Volta atau motor listrik yang menggunakan baterai serupa.

“Ada banyak pemangku kepentingan di Motoriz. Jadi seluruh outlet kita menyediakan 8 layanan selain jasa purna jual. Kami juga menyediakan kafe dan high speed internet, jadi pelanggan hanya perlu memasukkan koin Rp1.000 dan langsung bisa menikmati internet dengan kecepatan sampai 100 Mbps selama satu jam. Ini untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan betah,”ucapnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3283 seconds (0.1#10.140)