5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak, Kenali dan Pahami

Rabu, 09 November 2022 - 14:56 WIB
loading...
A A A
3. Membuat Jadwal Harian

Menjalani keseharian yang sudah terjadwal bisa meminimalisir kemungkinan kecanduan game online pada anak. Dengan pembuatan agenda yang tepat, akan tercipta sebuah kebiasaan pada anak yang sehat dan positif.

Pada keberlanjutannya, hal ini akan membuat anak-anak menjadi lebih bertanggung jawab dan disiplin karena mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan pada waktu tertentu.

Setelahnya, akan muncul sifat pengendalian diri yang secara tidak langsung bisa berdampak pada penurunan kecanduan video game.

Baca juga : Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

4. Menemukan Pengganti yang Tepat untuk Game

Anak-anak membutuhkan media untuk merangsang otak mereka dan memunculkan kreativitas yang akan mengeluarkan mereka dari kecanduan game online. Orang tua bisa menyesuaikannya dengan minat bakat anak-anaknya.

Sesuai minat dan preferensi, orang tua juga wajib mendukung kegiatan pengganti ini dan terus memacu potensinya secara kreatif. Namun, jangan terlalu berlebihan karena bisa saja hal tersebut justru membebaninya secara tak sadar

5. Sosialisasi Efek Samping Kecanduan Game

Terakhir, para orang tua juga perlu menyadarkan anak-anaknya terkait efek samping kecanduan game online. Sebagai contoh, mereka bisa memiliki masalah kesehatan mental yang buruk, kecemasan berlebih, nilai akademis memburuk, dan lain sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)