5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak, Kenali dan Pahami

Rabu, 09 November 2022 - 14:56 WIB
loading...
5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online pada Anak, Kenali dan Pahami
Kecanduan game online pada anak memiliki sejumlah dampak negatif yang wajib diwaspadai para orang tua. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kecanduan game online pada anak memiliki sejumlah dampak negatif yang wajib diwaspadai para orang tua. Untuk diketahui, segala sesuatu yang berlebihan pasti tak akan bagus dan bisa berefek buruk.

Sama halnya dengan game online . Meski sifatnya dimainkan dengan tujuan hiburan semata, namun jika seseorang terlalu sering menghabiskan waktunya terlalu lama, dia akan dengan mudah masuk dalam kategori kecanduan.

Baca juga : Kecanduan Game Online Dinilai Sebabkan Regulasi Diri Rendah

Dilansir dari laman Piggyride, berikut lima tips mengatasi kecanduan game online pada anak.

1. Tetapkan Batas Waktu

Seorang anak yang telah kecanduan game akan menghabiskan berjam-jam waktunya untuk kegiatan tersebut. Padahal, para ahli menyarankan untuk anak-anak tidak diperkenankan untuk berada di depan layar lebih dari 2 jam lamanya.

Dalam hal ini, tugas orang tua adalah membuat batas waktu atau timer untuk mengaturnya. Ketika waktu habis, pastikan anak sudah beralih ke aktivitas lain. Jika mereka melanggar, sesekali peringatan kecil bisa dikeluarkan untuk membuatnya lebih patuh lagi.

2. Mengarahkan Perhatian Anak ke Aktivitas Lain yang Lebih Positif

Ketika seorang anak sudah terlanjur kecanduan game, orang tua perlu menyadarkan mereka bahwa ada kehidupan lain yang lebih baik dari bermain game online. Setidaknya, para orang tua secara perlahan bisa mengalihkan perhatian si buah hati kepada kegiatan atau aktivitas lain yang bisa menjadi pengganti game.

Sebagai contoh, mereka bisa mengisinya dengan olahraga, belajar memasak, melukis, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, kuncinya adalah mengerahkan anak-anak untuk menjauhkan diri dari pengaruh negatif yang berpotensi membuat mereka melakukan hal-hal yang tak bermanfaat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2630 seconds (11.252#12.26)