Fitur dan Teknologi Bank Digital Jadi Pilihan Generasi Z

Selasa, 25 Oktober 2022 - 06:15 WIB
loading...
Fitur dan Teknologi Bank Digital Jadi Pilihan Generasi Z
Teknologi dan fitur yang tersedia di bank digital membuat Generasi Z memilih bank digital. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Berkembang pesatnya teknologi sekarang ini tidak dapat dipungkiri. Perkembangan tersebut juga menuntut kita semua untuk bergegas beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Untuk memanfaatkan momentum perkembangan teknologi tersebut kini telah hadir suatu terobosan baru dalam bidang perbankan yaitu layanan perbankan digital.

BACA JUGA - Ekosistem Digital dan Ekologi Digital

Perbankan digital memberikan pelayanan seperti layaknya perbankan konvensional secara umum, akan tetapi memiliki perbedaan yaitu segala urusan pelayanan perbankan dilakukan secara mandiri melalui aplikasi perbankan di smartphone.

Perbankan digital memungkinkan nasabah untuk memperoleh layanan perbankan secara mandiri (self service) tanpa harus datang langsung ke bank.

Saat ini, sudah banyak masyarakat menggunakan bank digital. Bahkan dalam survei yang dilakukan Finder, Indonesia menjadi negara dengan pemilik rekening bank digital terbanyak kedua di dunia. Nomor satu ditempati Brazil.

Finder menemukan sebanyak 25 persen orang dewasa Indonesia memiliki rekening bank digital pada 2021. Angka ini setara dengan 47.722.913 pengguna (user).

Pada 2022, pengguna bank digital Indonesia diproyeksikan mencapai 31 persen atau 59.969.877 user. Kenaikan pengguna bank digital diproyeksikan akan terus meningkat menjadi 39 persen atau 74.785.062 pada 2026.

Kepraktisan menjadi alasan orang memilih menggunakan bank digital. Pengguna tak perlu repot mengurus administrasi ke kantor cabang bank secara fisik. Sebab, semuanya bisa dilakukan secara daring.

Banyak bank digital muncul di Indonesia. Pertama ada Jenius. Diketahui, Jenius merupakan bank digital pertama di Indonesia yang dikembangkan BTPN pada 2016.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1429 seconds (10.55#12.26)