Hati-hati! 400 Aplikasi Ini Bisa Jebol Kata Sandi Facebook

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:01 WIB
loading...
Hati-hati! 400 Aplikasi Ini Bisa Jebol Kata Sandi Facebook
Jika kalian mengunduh aplikasi tersebut dalam satu tahun terakhir dan tidak berfungsi dengan baik maka berhati-hati lah. FOTO/ IST
A A A
CUPERTINO - Pengguna Facebook mulai saat ini harus lebih hati-hati, pasalnya mengunduh aplikasi sembarangan memungkinkan kata sandi akun Facebook dicuri.

BACA JUGA - Kalah Populer, Facebook Tetap Tambahkan Fitur Menarik di Facebook Dating

Pasalnya selama ini banyak aplikasi tersebut tidak berfungsi dengan baik saat hendak masuk dan setelah masuk dengan Facebook.

Jika kalian mengunduh aplikasi tersebut dalam satu tahun terakhir dan tidak berfungsi dengan baik maka berhati-hati lah. Ada kemungkinan memang aplikasi tersebut dirancang hanya untuk mencuri kata sandi Facebook kalian.

Induk Facebook, Meta mulai memberi tahu setidaknya ada sekitar 1 juta pengguna Facebook yanh kata sandinya kemungkinan telah disusupi melalui aplikasi pihak ketiga yang diunduh dari App Store dan Google Play.

Perusahaan menerbitkan laporan pada 7 Oktober yang merinci temuannya tentang lebih dari 400 aplikasi berbahaya yang diirancang untuk mencuri informasi login Facebook dan membahayakan akun orang.

Semua aplikasi ini disamarkan sebagai aplikasi berguna atau menghibur, dan Meta menemukan bahwa sebagian besar aplikasi pencuri kata sandi adalah aplikasi pengeditan foto, melansir dari Mashable, Senin (10/10/2022).

Jenis aplikasi berbahaya lainnya muncul sebagai layanan VPN, aplikasi horoskop, pelacak kebugaran, game, serta aplikasi bisnis dan manajemen iklan. Dan mirisnya lagi aplikasi berbahaya ini bisa diunduh dengan mudah di toko aplikasi legal.

Meskipun App Store dan Google Play menghosting aplikasi ini, sebagian besar muncul di Google Play. Dari yang di-host di App Store, sebagian besar muncul sebagai aplikasi berorientasi bisnis.

Untuk menentukan apakah aplikasi yang telah kalian unduh dapat mencuri kata sandi, Meta menyarankan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut mengharuskan menggunakan kredensial Facebook untuk masuk atau tidak.

Meskipun banyak aplikasi menawarkan "Masuk dengan Facebook" sebagai opsi yang sah, kalau aplikasi hanya menawarkan opsi login tersebut sebagai satu-satunya pilihan maka aplikasi patut dicurigai dan wajib dihapus.

Selain itu, perhatikan apakah aplikasi memenuhi salah satu fungsi yang dijanjikannya. Banyak aplikasi bermasalah tidak berfungsi sebelum masuk dengan Facebook dan terus mati bahkan setelah masuk.

Jika kalian khawatir mungkin telah mengunduh dan mencoba menggunakan salah satu aplikasi yang terdaftar di masa lalu, Meta menyarankan agar segera mengubah kata sandi, mengaktifkan otentikasi dua faktor, dan mengaktifkan log.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1444 seconds (10.177#12.26)