Alibaba Cloud Bersiap Luncurkan Data Center Ketiga di Indonesia Awal 2021

Jum'at, 03 Juli 2020 - 10:01 WIB
loading...
Alibaba Cloud Bersiap Luncurkan Data Center Ketiga di Indonesia Awal 2021
Ilustrasi Teknologi. FOTO/ ist
A A A
JAKARTA - Alibaba Cloud akan meluncurkan data center ketiganya di Indonesia awal tahun depan. Ekspansi ini dilakukan setelah Alibaba Cloud Indonesia membangun data center pertamanya pada 2018 dan data center kedua pada 2019 lalu.

Setelah data center ketiga didirikan, Alibaba Cloud akan memiliki 64 zona ketersediaan di 21 wilayah di seluruh dunia. BACA JUGA - Gendong Mesin 155cc, Yamaha Siap Hadirkan Pesaing NMax

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, mengatakan, lewat inisiatif ini menjadi upaya percepatan transformasi digital di Indonesia. BACA JUGA - Lawan Brompton, KTM dan Harley-Davidson Produksi Sepeda Gaya-Gayaan

“Melalui kesempatan ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada Alibaba Cloud atas dimulainya pembangunan Availibility Zone dan Data Scrubbing Center di Indonesia, yang diharapkan dapat diresmikan pada awal tahun 2021,” ucap Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate saat Alibaba Cloud Online Summit 2020, Kamis (2/7/2020).

Ia berharap, proses pengelolaan data nantinya dapat selaras dengan prinsip pengelolaan data Pemerintah Indonesia, yakni prinsip yang sah secara hukum, patut, dan transparan

Data center ketiga ini akan memperkaya penawaran Alibaba Cloud untuk pelanggan lokal, menyediakan rangkaian produk dan layanan cloud yang komprehensif dari database, keamanan, jaringan ke pembelajaran mesin dan analisis data.

Selain itu, Alibaba Cloud jgua mengungkapkan rencananya untuk membangun pusat scrubbing data pertama di Indonesia yang diperkirakan akan selesai pada awal 2021.

Pusat scrubbing data ini akan membantu mendeteksi, menganalisis, dan menghapus volume traffic yang besar dan berbahaya tingkat Tbps untuk mempertahankan serangan DDoS (Distributed Denial of Service), terutama untuk bisnis yang bergerak di sektor keuangan dan game yang biasanya menjadi target serangan cyber.

"Pusat scrubbing data yang didistribusikan secara global dapat secara otomatis mengurangi serangan dan memperkuat keamanan aplikasi pelanggan, dan secara signifikan mengurangi ancaman serangan berbahaya," tutur Leon Chen Country Manager Alibaba Cloud Indonesia.
Bikin Makin Betah, WhatsApp Hadirkan 5 Fitur Baru

JAKARTA - WhatsApp memperkenalkan serangkaian fitur baru bagi para pengguna. Setidaknya ada lima fitur yang akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang lewat versi terbaru WhatsApp.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)