7 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Mana yang Paling Ampuh?

Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:19 WIB
loading...
A A A
1. Cek Pengaturan Volume HP
Cara pertama mengeluarkan air dari speaker HP yaitu mengecek pengaturan volume. Hal tersebut untuk memastikan apakah suara dikeluarkan oleh speaker bermasalah atau tidak. Masalah tersebut bisa terjadi karena pengaturan volume yang keliru dan bukan terkena air.

2. Tes Suara Speaker
Apabila cara pertama tidak berhasil, maka lakukan tes pada speaker HP. Caranya, gunakan kode informasi pada hardware. Hal tersebut berfungsi untuk mengetahui speaker mengalami kerusakan atau tidak.

3. Bersihkan Speaker HP
Sisa air pada permukaan speaker harus segera dibersihkan agar air tidak masuk ke dalam. Membersihkannya dengan menggunakan jarum dari dalam speaker. Membersihkan air yang masih menempel dapat membantu menghilangkan suara kresek dari speaker HP.

4. Keringkan dengan Hairdryer
Mengeluarkan air dari speaker HP bisa memakai hairdryer. Angin panas dikeluarkan oleh hairdryer membuat embun air yang menempel di speaker menjadi kering. Cukup nyalakan hairdryer kemudian arahkan ke speaker HP Anda.



5. Keringkan dengan Beras
7 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Mana yang Paling Ampuh?

Menggunakan media beras untuk mengeluarkan air dari speaker HP sangat ampuh. Karena beras mampu menyerap air, sehingga dapat mengeringkan speaker HP dari cairan. Caranya mudah, cukup siapkan beras di wadah kemudian timbun HP dengan beras.

6. Keringkan dengan Kipas Angin
Jika tidak memiliki hairdryer, maka bisa memanfaatkan kipas untuk mengeringkannya. Caranya, arahkan kipas ke bagian speaker HP agar pengeringannya maksimal dan lakukan cara ini selama 5 jam.

7. Segera ke Tempat Service
Jika cara diatas sudah dilakukan tetapi speaker HP tetap tidak ada suaranya, maka cara terakhir yaitu segera ke tempat service HP. Teknisinya akan memastikan bila speaker HP masih bisa digunakan atau harus diganti.

(MG/Nabilah Rofiqoh Duri)
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3903 seconds (0.1#10.140)