Kenapa HP Sering Kembali Sendiri? Ada 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

Senin, 16 September 2024 - 18:23 WIB
loading...
Kenapa HP Sering Kembali...
Ada beberapa penyebab mengapa HP sering kembali sendiri yang perlu diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kenapa HP sering kembali sendiri? Sebenarnya alasan kenapa HP akan kembali sendiri ke menu utama ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor internal hingga eksternal.

Meskipun seiring berjalannya waktuHPsemakin canggih, hal tersebut tidak menjamin jika alat elektronik tersebut dapat bebas dari masalah. Karena dengan adanya teknologi baru juga akan ada masalah baru yang muncul.

Salah satu masalah yang kerap ditemui di smartphone masa kini adalah sering kembali sendiri ke menu utama sehingga mengganggu pengguna yang sedang menjalankan suatu aplikasi. Berikut ini beberapa penyebab HP sering kembali sendiri.

7 Penyebab HP Sering Kembali Sendiri

1. Aplikasi Bermasalah atau Crash
Aplikasi yang digunakan mungkin mengalami crash atau tidak stabil, sehingga ponsel secara otomatis kembali ke layar utama. Cobalah untuk memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru, atau jika masalah masih berlanjut, hapus dan instal ulang aplikasinya.

2. Kapasitas RAM Penuh
Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan membuat kapasitas RAM hp penuh. Ketika RAM tidak cukup, ponsel akan memprioritaskan sistem utama dengan menutup aplikasi yang sedang berjalan dan kembali ke layar utama. Solusinya adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan atau restart ponsel untuk membebaskan RAM.

3. Overheating
Jika HP sudah terlalu panas sebaiknya jangan terus digunakan. Karena panas yang berlebihan dalam HP ini secara otomatis akan membuatnya kembali ke menu utama untuk melakukan pendinginan.

4. Masalah pada Baterai atau Daya
Baterai yang bermasalah, seperti baterai yang sudah lemah atau rusak juga bisa menyebabkan ponsel tiba-tiba kembali. Sehingga, cobalah untuk memeriksa kondisi baterai jika HP sering kembali ke menu utama.

5. Memori Penyimpanan Hampir Penuh
Sama halnya seperti RAM, penyimpanan internal hampir penuh juga memungkinkan kinerja hp menurun sehingga dapat keluar sendiri. Hapuslah file besar yang memenuhi memori supaya penyimpanan tidak terlalu penuh.

6. Virus atau Malware
Virus atau malware yang menyerang ponsel bisa menyebabkan aplikasi bekerja tidak semestinya atau menutup tiba-tiba. Lakukanlah pemindaian dengan aplikasi antivirus untuk memeriksa apakah ada malware yang menyebabkan masalah.



7. Masalah pada Layar Sentuh (Ghost Touch)
Masalah pada layar sentuh, seperti ghost touch, di mana layar merespons seolah-olah disentuh padahal tidak, bisa membuat ponsel secara acak kembali ke menu utama.

Itulah jawaban untuk pertanyaan kenapa Jika masalah berlanjut setelah mencoba solusi di atas, mungkin perlu membawa ponsel ke pusat servis resmi untuk pemeriksaanlebihlanjut.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)