7 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Mana yang Paling Ampuh?

Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:19 WIB
loading...
7 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air, Mana yang Paling Ampuh?
Cara mengatasi speaker HP kemasukkan air penting diketahui pengguna smartphone. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Speaker HP banyak disepelekan. Padahal, jika terjadi kerusakan, dampaknya besar. Ponsel tidak lagi bisa mengeluarkan suara. Sehingga mengganggu kegiatan komunikasi dan hiburan.

Speaker HP memiliki fungsi mengubah gelombang elektrik listrik menjadi audio atau gelombang suara. Fungsi tersebut dapat berjalan normal selama komponen yang ada pada speaker bekerja dengan baik.

Sama dengan komponen lainnya di HP, speaker juga terkadang mengalami masalah atau mengalami kerusakan. Salah satunya jika terkena air. Air bisa berdampak besar terhadap kualitas suara dari speaker HP.

Nah, berikut ini dampak yang disebabkan kemasukan air di speaker HP yang perlu diwaspadai bagi para penggunanya. Juga, cara untuk mengatasinya.

Suara dari Speaker Menjadi Kecil
Dampak yang sering terjadi apabila speaker kemasukan air yaitu suara yang dikeluarkan menjadi sangat kecil. Hal tersebut terjadi karena membran speaker tertutup air yang membuat getaran pada suara tidak maksimal. Oleh karena itu, Anda harus segera mengeluarkan air dari speaker yang menyebabkan suara menjadi sangat kecil.

Suara Tidak Jelas
Dampak yang kedua yaitu suara yang dihasilkan speaker HP menjadi tidak jelas. Ini sangat mengganggu Anda ketika digunakan untuk berkomunikasi. Untuk menghindari kerusakan parah, maka Anda harus segera mengeluarkan air dari speaker.

Suara Pecah
Speaker HP terkena air dapat membuat suara yang dihasilkannya pecah. Kondisi tersebut akan semakin parah apabila Anda menaikan volume speaker di HP ke level maksimal. Oleh karena itu, Anda harus segera mengeluarkan air dari speaker agar suara tidak terdengar semakin pecah.

Suara Cempreng
Suara menjadi cempreng pada speaker HP disebabkan oleh air yang masuk ke dalam. Air tersebut membasahi permukaan speaker dan menyebabkan gelombang suara digetarkan dengan tidak maksimal. Karena itu membuat speaker mengeluarkan suara cempreng.

Suara Tidak Terdengar
Apabila speaker HP terkena air dan tidak segera dikeluarkan, akan menyebabkan speaker mati. Kondisi tersebut sudah parah yang menyebabkan permukaan speaker robek. Dengan begitu Anda harus segera ke tempat service HP untuk perbaikan.

Setelah mengetahui dampak dari speaker HP yang terkena air, maka perlu diketahui cara untuk mengatasinya. Berikut yang bisa dilakukan:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)