Kurangi Emisi Karbon, APL Pasang Solar Panel 100,000 kWh di Medan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:20 WIB
loading...
Kurangi Emisi Karbon, APL Pasang Solar Panel 100,000 kWh di Medan
Kegiatan pengecatan Mural di Rumah Sampah dalam mendukung program sedekah sampah Dinas Lingkungan Hidup Kab. Deli Serdang (pada foto : Bapak Christophe Piganiol, Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
MEDAN - Pembangkit Listrik Tenaga Surya komunitas menjadi salah satu sumber energi bebas emisi yang semakin diandalkan di dunia saat ini. Dengan menggunakan teknologi panel surya yang dipasang di atap gedung berperan penting untuk memasok jaringan listrik hijau di tengah meningkatnya efek perubahan iklim di seluruh dunia.

Melihat pentingnya hal itu, PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL), sebagai perusahaan penyedia jasa layanan di bidang kesehatan terkemuka, meresmikan solar panel yang kedua kalinya.

BACA JUGA - Honda dan Toyota Bergabung Memproduksi Pembangkit Listrik

Berlokasi di salah satu cabang APL, tepatnya di Kota Medan, acara ini dihadiri oleh Christophe Piganiol, Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari, Dannarjaya Harinta Sri, VP Operations & Technology PT Anugerah Pharmindo Lestari, H. Rajali, S.Sos, MSP, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara, Ir. Artini S. Marpaung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Vicky Gunawan, Direktur PT Vastland Indonesia, beserta jajaran.

Peresmian panel surya yang akan menghasilkan energi sebesar lebih dari 100,000 kWh dan mengurangi sekitar 63,5-ton karbon emisi per tahun ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran program Rumah Sampah, yaitu program pemilahan dan penyaluran sampah yang bekerjasama dengan Gerakan Sedekah Sampah yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang.

Sebanyak kurang lebih 100 Kg sampah akan siap didaur ulang per bulannya dan setara dengan 648 Kg pengurangan karbon emisi per tahunnya. Kedua program ini merupakan bentuk komitmen keseriusan PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) dalam mendukung program Sustainability APL, khususnya di Pilar ‘Respecting Environment’.

“Perubahan iklim adalah kenyataan yang tidak hanya mempengaruhi hasil kesehatan, tetapi juga secara langsung berdampak pada misi kita untuk membuat perawatan kesehatan dapat diakses oleh komunitas yang kami layani. Oleh karena itu, kami berupaya untuk turut berperan aktif dalam membantu mengurangi dampak buruk di lingkungan melalui program-program sustainability. APL
memiliki tim khusus dan akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak strategis untuk mencapai misi keberlanjutan kita melalui inisiatif-inisiatif lainnya.” Ungkap Christophe Piganiol, Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari dalam keterangan pers Selasa (9/8/2022).

Untuk mewujudkan hal ini, APL berkolaborasi dengan PT Vastland Indonesia sebagai pemilik Gedung dan PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar) terkait dengan pemasangan panel surya yang sesuai dengan standard yang baik.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada APL, sebagai distributor farmasi pertama di kota Medan, yang telah mendukung inisiatif hijau di antara perusahaan-perusahaan di Kota Medan. Kami akan berkomitmen untuk mengoperasikan solar panel dengan baik melalui teknologi yang terdepan.” Vicky Gunawan, Direktur PT Bumi Enviro Lestari (BEL Solar)

Hal senada diungkapkan oleh H. Rajali S.Sos, MSP, Kepala Dinas ESDM, Provinsi Sumatera Utara turut mengapresiasi komitmen APL dalam meningkatkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1610 seconds (10.101#12.26)