Buka File CCTV dan Ponsel yang Hilang, 2 Software Ini Jadi Kuncian Digital Forensik

Minggu, 07 Agustus 2022 - 20:16 WIB
loading...
Buka File CCTV dan Ponsel yang Hilang, 2 Software Ini Jadi Kuncian Digital Forensik
2 Software Ini jadi andalan Digital Forensik untuk membuka ponsel dan CCTV yang hilang atau dihapus. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hilangnya CCTV dan ponsel milik Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, membuat Timsus dan Komnas HAM mengalami kesulitan dalam mengungkap kasus ini. Metode Digital Forensik tentunya bisa digunakan untuk mengungkap kasus ini walau minim barang bukti.

BACA JUGA - UMM Bakal Miliki Prodi Cyber Security dan Digital Forensik

Seperti dilansir dari berbagai sumber, digital forensik merupakan aktifitas penyelidikan yang dilakukan untuk menemukan bukti digital yang akan memperkuat atau melemahkan bukti fisik dari kasus yang ditangani. Istilah forensik digital pada awalnya identik dengan forensik komputer.

Tetapi saat ini berkembang menjadi lebih luas yaitu menganalisa semua perangkat yang dapat menyimpan data digital. Forensik digital sendiri diperlukan karena biasanya data di perangkat digital dikunci, diganti, disembunyikan atau bahkan dihapus.

Analisis dan observasi pada foreksik digital harus dibuat dokumentasi dan laporannya agar benar benar bisa menjadi acuan bagi forensik selanjutnya. kemudian bisa menjadi bahan penelitian apakah metode yang sudah dilakukan sudah efektif.

Untuk melakukan penyelidikan pada Digital Forensik, diperlukan perangkat lunak komputer yang mampu melakukan scan hard drive untuk mendapatkan informasi, atau sering dikenal dengan istilah Forensic Toolkit. Forensic Toolkit ini digunakan sebagai sebuah patform pengutip pengadilan investigasi digital yang dibangun untuk kecepatan, stabilitas, dan kemudahan penggunaan.

Berikut merupakan software-software yang dapat digunakan untuk melakukan Digital Forensik, yaitu:

1. Cofee (Computer Online Forensic Evidence Extractor)

Merupakan software milik Mocrosoft yang memang dibuat untuk memudahkan pengambilan informasi-informasi penting yang dapat digunakan sebagai bukti pada penyelidikan criminal. Software ini biasanya digunakan oleh para penegak hukum, dengan mengakses chat dan percakapan dari perusahaan seluler. .

2. Open Computer Forensic Architecture

Software popular lainnya yang dibentuk dalam OS Linux dan menggunakan PostgreSQL sebagai databasenya. Tool ini dibuat oleh Dutch National Police Agency dan dapat digunakan sebagai automatisasi digital forensic.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1368 seconds (10.101#12.26)