Pantau Rumah, Begini Cara Menghubungkan CCTV ke Handphone

Minggu, 28 Juli 2024 - 18:31 WIB
loading...
Pantau Rumah, Begini...
Supaya situasi rumah terus terpantau di manapun, sistem CCTV kini bisa terhubung dengan handphone. Foto/Cnet
A A A
JAKARTA - Saat ini kebutuhan memasang Closed Circuit Television alias CCTV kian tinggi. Faktor keamanan menjadi alasan utamanya.

Supaya terus terpantau di manapun, sistem CCTV kini bisa terhubung dengan handphone. Menghubungkan CCTV ke handphone menjadi langkah awal yang penting untuk memastikan sistem pengawasan keamanan berfungsi dengan baik. Pengaturan tersebut mencakup pemasangan kamera CCTV di lokasi strategis.

Pastikan juga koneksi internet stabil agar sistem pemantauan atau rekaman berjalan dengan optimal. Pemasang CCTV juga dapat mengatur parameter teknis seperti kecerahan, kontras, dan resolusi kamera.

Mengatur jaringan dan akses ke perangkat CCTV juga memerhatikan aspek keamanan. Langkah-langkah pengaturan memudahkan serta memastikan CCTV dapat berfungsi dengan semestinya dan mengurangi risiko kendala teknis yang signifikan.


Melansir berbagai sumber, Minggu (28/7/2024) berikut cara menghubungkan CCTV ke handphone.

1. Memposisikan letak CCTV dengan baik


Pengguna dapat menempatkan kamera CCTV di lokasi yang dapat mencakup sebagian besar ruangan atau area yang memerlukan pengawasan. Pastikan juga bahwa hubungan CCTV ke internet atau jaringan Wi-Fi dapat dilakukan dengan mudah karena konektivitas ini penting untuk pemantauan jarak jauh.

Saat melakukan pemasangan kamera, sebaiknya pengguna memiliki seseorang yang dapat membantu memantau layar monitor. Tujuannya untuk memastikan kamera telah berada di posisi benar dan fokus pada area yang diinginkan.

2. Pastikan CCTV dan DVR menyala


Periksa terlebih dahulu apakah kamera CCTV sudah aktif atau belum. Kamera CCTV akan beroperasi jika terhubung dengan pasokan daya yang sesuai. Pastikan juga untuk memverifikasi status koneksi Internet Protocol atau IP pada kamera tersebut.

Langkah selanjutnya mengecek apakah perangkat Digital Video Recorder atau DVR. Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan semua rekaman dan data yang berasal dari kamera akan tersimpan di sini sehingga bisa diakses sesuai kebutuhan. Jadi, jangan lupa menyalakan DVR.

Mulailah dengan mengunduh aplikasi yang digunakan untuk menghubungkan iPhone dengan CCTV. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan, yaitu IDMSS.



Setelah berhasil mengunduh dan menyetel aplikasi, buka aplikasi tersebut. Ketika aplikasi terbuka, pilih opsi ‘Camera’ dari menu.

Di layar akan muncul halaman baru yang perlu diisi dengan informasi tertentu. Bagian atas halaman harus diisi dengan ‘P2P’.

Pada bagian SN (Serial Number), perlu memasukkan kode dari DVR. Gunakan ‘admin’ sebagai username dan password yang biasanya digunakan oleh admin.

Selanjutnya, tekan tombol ‘Start live preview’ untuk mulai melihat gambar langsung.
Terakhir, pilih channel atau kamera yang ingin dilihat. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses data dari CCTV menggunakan iPhone.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)