Perbedaan AMOLED dan OLED, Mana Layar yang Terbaik?

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 20:45 WIB
loading...
Perbedaan AMOLED dan OLED, Mana Layar yang Terbaik?
Perbedaan AMOLED dan OLED di layar smartphone penting untuk diketahui. Foto: dok cashify
A A A
JAKARTA - Perbedaan AMOLED dan OLED di layar smartphone penting untuk diketahui. Terutama bagi pengguna smartphone. AMOLED dan OLED memang merupakan jenis layar yang lebih baik dibanding TFT LCD. Keduanya memiliki karakteristik mirip, meski ada sedikit perbedaan.

Layar AMOLED umumnya digunakan oleh ponsel midrange hingga flagship Android. Sementara layar OLED dipakai oleh iPhone.

Mengapa tidak semua ponsel Android memakai AMOLED? Karena harganya lebih mahal. Maka, hanya ponsel midrange dan flagship saja yang menggunakananya. Sementara ponsel entry level Android memakai layar LCD yang lebih efisien.

Nah, berikut perbedaan layar AMOLED dan OLED:

Layar OLED
OLED singkatan dari Organic Light Emitting Diode. Layar OLED terdiri dari panel-panel yang mampu memancarkan cahaya saat dialiri listrik. Lapisan bahan semikonduktor organik di layar OLED diletakkan di antara dua elektroda yang tembus pandang.

Dampaknya, OLED bisa menciptakan warna yang konsisten dan akurat, juga level warna hitam lebih pekat. Ini paling terasa di televisi. TV LCD dan OLED sangat jauh kualitas warnanya. Selain itu, layar OLED bisa lebih tipis dan hemat daya.

Layar AMOLED
AMOLED merupakan Active Matrik Organic Light- Emitting Diode. Teknologi layar ini berasal dari OLED sebagai bahan organik utama. Bedanya, layar AMOLED benar-benar terbentuk dari diode organik.

Kelebihan layar AMOLED pada smartphone adalah tampilan yang lebih jernih dibanding OLED. Selain itu, view angle AMOLED juga lebih baik. AMOLED juga dapat membuat pergerakan gambar jauh lebih halus karena respon dan refresh rate yang jauh lebih tinggi. Dampak lainnya, tampilan di layar AMOLED tetap tajam meski dilihat di bawah terik matahari.

Layar AMOLED biasanya hanya digunakan di panel smartphone. Berbeda dengan layar OLED yang bisa dipakai untuk televisi. Ukuran layar AMOLED juga sangat tipis, bahkan mencapai 0,001 mm tanpa mengurangi ketajaman dan tingkat kehitaman layar.



Urusan konsumsi energi juga lebih rendah. Konsumsi energi pada layar AMOLED cukup rendah, sehingga pemakaian daya perangkat bisa lebih hemat hingga 40%.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)