Inilah Alasan Penumpang harus Mengaktifkan Mode Pesawat saat Penerbangan

Senin, 01 Agustus 2022 - 16:24 WIB
loading...
Inilah Alasan Penumpang harus Mengaktifkan Mode Pesawat saat Penerbangan
Mode pesawat merupakan salah fitur di smartphone yang berfungsi mematikan opsi seperti WiFi, jaringan seluler, hingga GPS. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mode pesawat merupakan salah fitur di smartphone yang berfungsi mematikan opsi seperti WiFi, jaringan seluler, hingga GPS. Pada penggunaannya, mode pesawat juga cukup efektif dalam menghemat baterai ketika ponsel sedang tidak digunakan.

Umumnya, pemilik ponsel jarang mengaktifkan mode pesawat . Terkecuali memang ada anjuran atau aturan tertentu terkait penggunaan ponselnya.

Baca juga : Oppo Pimpin Pasar Smartphone di China

Dalam salah satu penggunaannya, mode pesawat wajib diaktifkan ketika pemilik ponsel sedang berada di penerbangan. Apakah alasannya?

Dikutip dari CN Traveler, pengaktifan mode pesawat merupakan salah satu bagian dari keselamatan penumpang saat penerbangan. Di Amerika, penggunaan mode pesawat ini dimulai sejak 1990-an.

Alasannya karena mereka khawatir akan frekuensi seluler yang bisa menyebabkan kegagalan fungsi sistem elektronik pesawat.

Meski belum ada bukti mengenai kejadian buruk seperti kecelakaan, namun para pilot menjelaskan ada alasan lain yang mendasarinya. Mereka mencatat bahwa ponsel yang mentransmisikan sinyal dapat memberikan gangguan pada radio pesawat. Gangguan ini nantinya berpotensi memblokir frekuensi radio sekitar 1 hingga dua detik dan menyebabkan kebingungan antara pilot dan kontrol lalu lintas udara.

Dalam hal ini, ponsel yang berpotensi mengganggu tergantung pada beberapa faktor, seperti kedekatan ponsel dengan kokpit, model perangkat, hingga penerimaan panggilan di ketinggian tertentu.

Pada sumber lainnya, Federal Communications Commission (FCC) mengklaim bahwa meski belum ada kejadian yang membuktikan pengaruh mode pesawat, pihaknya berpandangan bahwa penggunaan ponsel di atas awan akan memberi gangguan kepada pesawat yang Anda gunakan.

Baca juga : Tips Memotret Malam Hari Menggunakan Smartphone

Pada prosesnya, ponsel memancarkan dan menerima sinyal dari menara seluler terdekat. Semakin jauh perangkat dari menara transmisi, maka semakin kuat sinyalnya. Setelahnya, sinyal tersebut akan mengganggu sistem navigasi dan kinerja pesawat.

Maka dari itu, akan lebih baik jika tetap mengikuti prosedur yang berlaku untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian ulasan mengenai alasan penumpang yang wajib mengaktifkan mode pesawat saat berada di penerbangan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1191 seconds (10.101#12.26)