Jan Koum dan Brian Acton, Pasangan Rp284 Triliun Pendiri WhatsApp

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:51 WIB
loading...
A A A
Pada September 2007, Jan dan Acton keluar dari Yahoo, lalu keliling Amerika Selatan dan bermain frisbee selama satu tahun. Keduanya pernah melamar di Facebook, tetapi gagal. Pada bulan Januari 2009, ia membeli iPhone dan menyadari bahwa App Store yang saat itu berusia tujuh bulan akan menggebrak industri aplikasi dunia.

Ia mengunjungi temannya, Alex Fishman, dan keduanya berdiskusi selama beberapa jam seputar ide aplikasi yang dicanangkan Jan di rumah Fishman. Jan memilih nama WhatsApp karena terdengar seperti frasa "what's up". Akhirnya pada tahun 2009 tepat di ulang tahunnya, 24 Februari 2009, dia mendirikan WhatsApp Inc. di California.

Tidak membutuhkan waktu lama, WhatsApp pun menjadi mendunia. Bahkan CEO Facebook Mark Zuckerberg menghubungi Jan LKoum untuk melakukan perbincangan bisnis. Akhirnya pada 2014, WhatsApp diakuisisi oleh Facebook Inc. dengan nilai USD19 miliar atau setara Rp284,07 triliun. Saat ini Jan Koum memegang 45% saham WhatsApp dengan nilai mendekati USD7 miliar.

2. Profil Brian Acton
Jan Koum dan Brian Acton, Pasangan Rp284 Triliun Pendiri WhatsApp


Brian Acton lahir di Michigan tahun 1972. Dia merupakan lulusan Lake Howell High School kemudian lulus dari jurusan ilmu komputer Universitas Stanford pada tahun 1994. Sebelumnya Acton kuliah di Universitas Central Florida dan Universitas Pennsylvania.

Di tahun 1998, Brian Acton bertemu dengan Jan Koum saat bekerja di Yahoo. Di Yahoo, Acton pernah menanam modalnya di sektor teknologi informasi dan kehilangan jutaan dolar setelah gelembung dot-com pecah tahun 2000.



Pada September 2007, Jan Koum dan Acton keluar dari Yahoo dan cuti selama satu tahun. Mereka memilih untuk berkeliling ke Amerika Selatan dan bermain frisbee. Selama menganggur, mereka iseng melamar ke facebook namun sayangnya ditolak.

Pada 2009, Jan Koum membeli iPhone dan menyadari bahwa App Store yang kala itu baru berusia tujuh bulan akan menjadi perintis industri aplikasi. Ia mengunjungi temannya, Alex Fishman, dan membahas tentang pengembangan aplikasi.

Setelah banyak bercerita dan bertukar pikiran, akhirnya Jan Koum dan Acton memutuskan untuk membuat aplikasi bernama WhatsApp karena terdengar seperti kata “what’s up”. Satu minggu kemudian, pada hari ulang tahun Actob tanggal 24 Februari 2009, ia mendirikan perusahaan WhatsApp Inc. di California.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)