Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan

Senin, 27 Juni 2022 - 14:32 WIB
loading...
A A A
1. Restart Ponsel
Cara ini efektif untuk mengembalikan ke penyetelan awal.

2. Cek Koneksi Internet
Cek apakah paket data Anda masih aktif. Lalu, cek juga apakah Anda bisa berselancar web dengan normal atau membuka YouTube. Jika memakai Wi-Fi, cek juga apakah jaringan Wi-Fi yang digunakan sudah terhubung ke ponsel.

3. Update WhatsApp Terbaru
Pastikan Anda menggunakan aplikasi WhatsApp terbaru. Caranya, buka Google Play Store atau Apple Store. Ketik WhatsApp. Lalu sentuh tombol Update.

4. Cek Apakah Anda Diblok
Cek apakah Anda sedang diblok atau tidak. Caranya, klik tiga titik di kanan tas. Masuk ke Settings > Account > Privacy. Lalu sentuh Blocked Contacts. Lihat dafat kontak yang diblok.

5. Selesaikan Proses Verifikasi
Untuk bisa mengakses semua fitur WhatsApp, pastikan untuk menjalani proses verifikasi dari awal sampai selesai. Anda akan menerima 6 digit kode verifikasi lewat SMS.

6. Clear Cache
Jika Anda sering menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan multimedia seperti foto dan video, lama kelamaan memori akan penuh. Cache di aplikasi menjadi terbatas, membuat WhatsApp memblok beberapa fitur. Cara mengatasinya:
Masuk ke Settings > Apps > WhatsApp > Storage > Celar Cache > Clear Data

7. Matikan Power Saving mode
Power Saving Mode bisa menghemat daya baterai dengan membatasi banyak aplikasi yang berjalan. Jika mode ini aktif, maka Anda tidak bisa menerima pesan. Cara mematikannya:
Masuk ke Settings > Battery > disable Power Saving Mode



8. Install Ulang
Jika semua cara gagal, coba untuk hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda. Lalu, install ulang, lakukan verifikasi, dan mulai dari awal.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2770 seconds (0.1#10.140)