Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan

Senin, 27 Juni 2022 - 14:32 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan
Penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan penting diketahui pengguna agar berkomunikasi bisa nyaman. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan perlu diketahui agar komunikasi bisa terjalin lancar.

Seperti hanya OTT lainnya, WhatsApp juga tidak luput dari masalah. Misalnya saja, tiba-tiba Anda tidak bisa mengirim pesan. Padahal, jaringan internet baik-baik saja.
Nah, berikut adalah beberapa penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim pesan:

1. Internet Lambat
Penyebab utama WhatsApp tidak bisa mengirim pesan adalah koneksi data. Jika koneksi data Anda buruk, maka pesan WhatsApp sulit terkirim. Apalagi, pesan berupa foto atau video.

2. Memori Penuh
Periksa memori smartphone. Jika memori internal ponsel penuh, maka WhatsApp tidak bisa mengirimkan pesan baru. Cek juga cache WhatsApp yang terkadang bisa menimbulkan gangguan. Lakukan “clear cache” secara berkala.

3. Aplikasi WhatsApp Tidak Update
Aplikasi WhatsApp yang lama biasanya memiliki bug atau fitur yang tidak sempurna. Cara mengatasinya, buka Google Play Store. Ketik WhatsApp, lalu klik Update.

4. Anda Diblokir
Anda berkirim pesan ke seseorang tapi tidak terkirim, padahal koneksi aman. Bisa jadi karena Anda diblokir pengguna lain. Ketika diblokir, Anda tidak akan bisa menerima dan mengirim pesan.

5. Anda Belum Menyelesaikan Verifikasi
Pastikan untuk menyelesaikan proses verifikasi awal WhatsApp. Ini sederhana, tapi penting. Apalagi ketika Anda baru saja berganti ponsel.

6. Server WhatsApp Gangguan
Masalah ini terjadi di faktor internal WhatsApp. Anda tidak bisa mengirim pesan karena server WhatsApp mengalami gangguan.

7. Kontak Belum Terdaftar
Anda tidak bisa mengirim pesan pada kontak atau nomor telepon yang belum registrasi akun WhatsApp. Kontak tersebut tidak akan terdeteksi di WhatsApp.

Nah, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan agar Anda bisa mengirim pesan WhatsApp lagi:

1. Restart Ponsel
Cara ini efektif untuk mengembalikan ke penyetelan awal.

2. Cek Koneksi Internet
Cek apakah paket data Anda masih aktif. Lalu, cek juga apakah Anda bisa berselancar web dengan normal atau membuka YouTube. Jika memakai Wi-Fi, cek juga apakah jaringan Wi-Fi yang digunakan sudah terhubung ke ponsel.

3. Update WhatsApp Terbaru
Pastikan Anda menggunakan aplikasi WhatsApp terbaru. Caranya, buka Google Play Store atau Apple Store. Ketik WhatsApp. Lalu sentuh tombol Update.

4. Cek Apakah Anda Diblok
Cek apakah Anda sedang diblok atau tidak. Caranya, klik tiga titik di kanan tas. Masuk ke Settings > Account > Privacy. Lalu sentuh Blocked Contacts. Lihat dafat kontak yang diblok.

5. Selesaikan Proses Verifikasi
Untuk bisa mengakses semua fitur WhatsApp, pastikan untuk menjalani proses verifikasi dari awal sampai selesai. Anda akan menerima 6 digit kode verifikasi lewat SMS.

6. Clear Cache
Jika Anda sering menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan multimedia seperti foto dan video, lama kelamaan memori akan penuh. Cache di aplikasi menjadi terbatas, membuat WhatsApp memblok beberapa fitur. Cara mengatasinya:
Masuk ke Settings > Apps > WhatsApp > Storage > Celar Cache > Clear Data

7. Matikan Power Saving mode
Power Saving Mode bisa menghemat daya baterai dengan membatasi banyak aplikasi yang berjalan. Jika mode ini aktif, maka Anda tidak bisa menerima pesan. Cara mematikannya:
Masuk ke Settings > Battery > disable Power Saving Mode



8. Install Ulang
Jika semua cara gagal, coba untuk hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda. Lalu, install ulang, lakukan verifikasi, dan mulai dari awal.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)