Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara, Lakukan 6 Langkah Ini!

Senin, 06 Juni 2022 - 08:13 WIB
loading...
Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara, Lakukan 6 Langkah Ini!
Cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara bisa melalui beberapa langkah, seperti log in ke ponsel baru. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara penting diketahui. Sebab, ketika sewaktu-waktu Anda mengalami pemblokiran akun WhatsApp, Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Apa sebenarnya alasan WhatsApp Anda diblokir atau mengalami pemblokiran sementara?

Banyak. Yang paling sering terjadi, karena Anda menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi. Misalnya WhatsApp GB atau WhatsApp Plus. Menggunakan WhatsApp tidak resmi, meningkatkan risiko akun Anda diblokir selama 24 jam. Bahkan, jika terlalu sering diblokir, Anda bisa mengalami pemblokiran permanen.

”Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda ‘Diblokir sementara’, ini berarti Anda mungkin menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung dan bukan aplikasi WhatsApp resmi,” demikian keterangan resmi WhatsApp.

Jika tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen.

Selain itu, ada beberapa penyebab lain mengapa WhatsApp Anda diblokir sementara. Misalnya, Anda dicurigai mengumpulkan informasi dengan cara yang tidak dapat diterima, atau dikenal sebagai pengerukan (scraping).

Bisa juga Anda mengirim pesan masif atau spam ke banyak akun. Lalu, Anda melakukan login terus menerus, login akun WA di perangkat yang berbeda-beda, akun Anda sering dilaporkan orang, penggunaan keperluan ilegal, dan lainnya.
Nah, berikut cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara:

1. Tunggu Waktu Pemblokiran
Saat diblokir, Anda memang tidak bisa melakukan apapun. Biasanya, pemblokiran WhatsApp sementara memakan waktu 24 jam atau 48 jam. Jadi, tunggu sampai waktu pemblokiran selesai.

2. Salin Chat di Aplikasi WA Tidak Resmi
Setelah akun bisa diakses, buka aplikasi WhatsApp lama (GB WhatsApp, WhatsApp Plus) dan lakukan backup chat ke Google Drive.
Di GB WhatsApp, ketuk Opsi lainnya > Chat > Cadangkan chat. Lalu, buka Setelan Telepon > ketuk Penyimpanan > File. Masuk ke Google Account > login dengan akun Gmail > Backup

3. Install Aplikasi WhatsApp Resmi
Setelah mencadangkan chat, lalu install aplikasi WhatsApp resmi dari Google Play Store.

4. Login di Aplikasi WhatsApp Resmi
Setelah aplikasi WhatsApp resmi disimpan, jalankan dan login dengan nomor lama Anda.

5. Restore Chat
Saat proses login, Anda diminta melakukan restore backup dari Google Drive, pilih opsi tersebut.



6. Hapus Aplikasi WhatsApp Tidak Resmi
Setelah menggunakan WhatsApp resmi, hapus aplikasi WhatsApp GB yang ada di ponsel. Langkah ini membuat pengguna bisa membuka blokir sementara tanpa perlu mengganti nomor.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2695 seconds (0.1#10.140)