8 Keunggulan WhatsApp Dibandingkan Telegram di Indonesia

Jum'at, 03 Juni 2022 - 09:54 WIB
loading...
8 Keunggulan WhatsApp Dibandingkan Telegram di Indonesia
Keunggulan WhatsApp dibandingkan Telegram penting diketahui untuk memutuskan mana media sosial yang lebih banyak Anda gunakan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Keunggulan WhatsApp dibanding Telegram cukup banyak, terutama di Indonesia dimana mayoritas pengguna layanan online messenger memilih WhatsApp.

WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi perpesanan lintas platform yang sangat populer. Kedua aplikasi tersebut dirancang untuk mengirim pesan instan sambil menjaga privasi, serta dibekali berbagai fitur yang diperlukan. Misalnya mengirim video, foto, suara, melakukan panggilan telepon, dan lainnya.

WhatsApp dan Telegram pada awalnya mungkin tampak serupa. Namun, ada alasan mengapa WhatsApp lebih populer di Indonesia dibandingkan Telegram. Nah berikut keunggulan WhatsApp dibanding Telegram:

1. Enkripsi End-to-End, WhatsApp Lebih Aman
Privasi dan keamanan data menjadi isu penting saat menggunakan aplikasi komunikasi. WhatsApp menjamin pesan yang dikirim dan diterima memakai enkripsi end-to-end sehingga hampir tidak mungkin untuk dibaca orang lain. Jadi, keamanan WhatsApp lebih terjamin. Adapun Telegram sering diterpa isu keamanan. Enkripsi end-to-end hanya terjadi ketika pengguna mengaktifkan fitur Secret Chat.

2. Lebih Banyak Pengguna WhatsApp di Indonesia
WhatsApp sudah jadi layanan komunikasi populer bahkan saat sebagian besar pengguna di Indonesia masih menggunakan BlackBerry Messenger. Karena itu, wajar begitu BlackBerry hancur, mayoritas pengguna di Indonesia beralih ke WhatsApp.

Di Indonesia, pengguna WhatsApp begitu dominan, sehingga tidak semua teman, saudara, atau rekan kerja memakai Telegram. Alhasil, Telegram digunakan untuk beberapa fungsi spesifik. Misalnya bergabung di grup atau komunitas tertentu. Sementara untuk komunikasi personal, WhatsApp jelas jadi pilihan utama.

3. Tampilan WhatsApp Lebih Sederhana
Fitur WhatsApp memang jauh lebih sedikit dibandingkan Telegram. Tapi, justru karena tampilannya yang sederhana, bersih, dan tidak banyak fitur itu membuat pengguna lebih nyaman. Begitu memakai Telegram, Anda akan dihadapkan pada berbagai notifikasi tidak penting, serta tampilan yang ramai sehingga membuat pengguna baru bingung melakukan navigasi.

4. Telegram Banyak Bot
Telegram memiliki fitur unik seperti bot. Yang memungkinkan aplikasi tersebut bisa mengirim berbagai informasi tertentu ke pengguna. Termasuk, kustomisasi fungsi seperti memainkan musik, membuat daftar tugas, dan lainnya. Tapi, tidak semua fitur tersebut dibutuhkan oleh pengguna Indonesia. Keberadaan bot juga banyak dirasakan mengganggu.

5. WhatsApp Sangat Mendukung UMKM
WhatsApp memiliki fitur WhatsApp Business yang sudah banyak sekali digunakan oleh UMKM untuk berkomunikasi (menjadi customer service), bahkan menerima pesanan, memajang produk, serta berjualan langsung. Kemudahan dan kesederhanaan fitur WhatsApp Business ini tidak dimiliki oleh Instagram.

6. Fokus Pada Fitur yang Penting
WhatsApp sangat hati-hati dalam merilis fitur baru di platform mereka. Tapi, dampaknya, setiap fitur yang mereka luncurkan dirasakan langsung oleh pengguna. Sesederhana bisa memberika emoji atau reaksi pada setiap pesan yang terkirim. Karena fitur lebih simpel, pengguna juga tidak merasa bingung.

7. Mudah Terintegrasi dengan Media Sosial
Tidak hanya untuk mengirim pesan, WhatsApp juga menjadi platform untuk berbagai informasi seperti link berita. Berbagai situs berita hingga media sosial seperti Instagram atau TikTok sangat mempermudah pengguna untuk membagikan postingan atau informasi di WhatsApp dibandingkan Telegram.

BACA JUGA: 6 Tips Anti Lemot untuk Ponsel 4G Murah Harga Sejutaan

8. Data WhatsApp Mudah Disalin
Dengan dukungan backup atau penyalinan data dari Google Drive, maka pengguna lebih mudah untuk berganti-ganti ponsel. Seluruh data mereka baik chat, foto, dan video bisa disimpan langsung di layanan cloud Google Drive. Sewaktu-waktu ponsel mereka hilang atau ingin berganti ponsel baru, seluruh chat penting mereka dapat dipulihkan kembali dengan mudah.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3492 seconds (11.97#12.26)