Bagaimana Bos Telegram Pavel Durov Meraih Kekayaan hingga Rp150 Triliun?

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 06:35 WIB
loading...
Bagaimana Bos Telegram...
Bos Telegram Pavel Durov menjadi figur yang kontroversial, sekaligus mendapatkan banyak sekali dukungan. Foto: ist
A A A
PRANCIS - Dijuluki sebagai “Mark Zuckerberg dari Rusia”, Pavel Durov dikenal karena menciptakan Telegram, platform media sosial terbesar di Rusia, pada usia 22 tahun.

Ia juga menjadi selebriti di dunia teknologi karena penolakannya untuk menyerah pada tekanan pemerintah atau keserakahan perusahaan dengan mengorbankan privasi data pengguna.

Berikut adalah perjalanan hidup Pavel Durov dan bagaimana ia mengumpulkan kekayaan miliaran dolarnya:

Kekayaan Pavel Durov
Bagaimana Bos Telegram Pavel Durov Meraih Kekayaan hingga Rp150 Triliun?

Sebagai pendiri Telegram, Pavel Durov saat ini memiliki kekayaan bersih sekitar USD9,2 miliar (Rp150 triliun) menurut indeks Bloomberg. Sebagian besar dikumpulkan melalui aplikasi perpesanan tersebut.

Pavel Durov lahir pada 10 Oktober 1984, dari pasangan Valery dan Albina Durov di Leningrad, Uni Soviet, dan merupakan adik dari Nikolai Durov. Ayahnya adalah seorang filolog Rusia ternama dan menjabat sebagai kepala departemen filologi di Universitas Negeri St Petersburg. Ibunya juga seorang profesor di universitas yang sama.

Durov menyelesaikan pendidikan dasarnya di Italia dan pendidikan menengahnya di D.K. Faddeev Academic Gymnasium, di St Petersburg. Sejak usia dini, ia mengembangkan minat terhadap pemrograman komputer setelah melihat kakaknya melakukan hal yang sama.

Pada saat lulus SMA, ia telah membangun reputasinya sebagai seorang programmer yang sangat cerdas setelah berhasil meretas kata sandi jaringan komputer sekolahnya.

Setelah lulus SMA pada 2001, ia mendaftar di Universitas Negeri St Petersburg dengan jurusan ilmu filologi.

Selama di universitas, ia memenangkan Potanin Prize yang bergengsi tiga kali serta beberapa olimpiade coding dan linguistik. Ia juga menerima beasiswa yang disponsori oleh Pemerintah Rusia serta Presiden Rusia.

Dengan memanfaatkan keterampilan coding dan kewirausahaannya, Durov membuat dua situs web – durov.com dan spbgu.ru yang merupakan data materi pendidikan untuk mata kuliah yang termasuk dalam studi utamanya.

Spbgu.ru juga berfungsi sebagai platform online tempat mahasiswa, serta anggota fakultas dari universitas, dapat berkomunikasi satu sama lain.

Kebangkitan dan Kejatuhan "Zuckerberg Rusia"
Bagaimana Bos Telegram Pavel Durov Meraih Kekayaan hingga Rp150 Triliun?

Kombinasi kesuksesan Facebook di Amerika Serikat dan sambutan baik spbgu.ru selama masa kuliahnya mendorong Durov untuk membuat konsep situs jejaring sosial versi Rusia. Ia bekerja sama dengan saudaranya Nikolai dan teman lamanya Lev Leviev dan Vyacheslav Mirilashvili dan mendirikan VKontakte pada 1 Oktober 2006.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2385 seconds (0.1#10.140)