Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh, Ternyata Mudah!

Kamis, 26 Mei 2022 - 22:08 WIB
loading...
Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh, Ternyata Mudah!
Cara mengatasi HP Xiaomi yang tiba-tiba tidak bisa disentuh bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kerusakan pada HP Xiaomi di bagian layar sentuhnya bisa disebabkan karena beberapa hal. Misalnya karena air, terjatuh, ataupun terbentur benda keras. Sebelum terjadi kerusakan, biasanya layar sentuh ponsel akan menekan dan bergerak sendiri tanpa terkendali.

Tapi, pengguna tidak perlu panik. Juga, tidak perlu buru-buru mengantarnya ke tempat service HP. Karena, jika kerusakannya tidak parah sebenarnya bisa diperbaiki sendiri. Nah, ini adalah 5 cara mengatasi HP Xiaomi yang layarnya tidak bisa disentuh.

Restart HP
Cara ini merupakan langkah awal untuk mengetahui HP Xiaomi Anda hanya mengalami kerusakan kecil atau butuh perbaikan hardware. Jika mengalami kerusakan ringan, cara ini adalah cara paling ampuh.

Jika tombol restart tidak bisa dijangkau, bisa melakukan restart paksa pada HP Xiaomi tersebut. Untuk melakukan restart paksa silahkan tekan tombol power selama beberapa detik sampai ponsel mati, lalu coba hidupkan lagi.

Buka Pelindung Layar
Cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh selanjutnya adalah mencopot lapisan pelindung layar. lapisan pelindung layar yang murah bisa berakibat layar sentuh tidak bekerja.

Terkadang posisi pemasangan yang bergeser karena tekanan dapat mengurangi sensitivitas layar akibat tempered glass. Apabila mengalami hal ini sebaiknya ganti tempered glass dengan kualitas yang lebih baik.

Reset HP Xiaomi
Reset HP Xiaomi sama saja seperti mengembalikan ponsel ke pengaturan awal. Namun perlu diperhatikan dengan melakukan reset HP maka data yang ada di dalam HP Xiaomi akan hilang.

Cara reset dapat dilakukan dengan menekan dan tahan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan dalam kondisi mati. Maka secara otomatis ponsel akan masuk ke recovery mode. Selanjutnya silahkan pilih Wipe Data dan dilanjutkan dengan reboot.

Mendiamkan HP Selama 1-2 Jam
Mendiamkan HP termasuk cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa disentuh. Touchscreen tidak merespon HP karena suhu yang terlalu panas. Apalagi bagi kalian yang suka bermain game selama berjam jam.

Selain mendiamkan HP, mematikan HP selama kurang lebih 1-2 jam juga bisa mengembalikan suhu ponsel kembali seperti semula. Apabila suhu terlalu panas, HP Xiaomi tidak akan bisa digunakan dengan baik.



Menghapus Pemakaian RAM
Apabila RAM dalam kondisi penuh, layar HP Xiaomi tidak bisa disentuh dan berfungsi dengan normal. Anda bisa membersihkan RAM melalui aplikasi atau melakukan force stop pada aplikasi yang tidak digunakan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2772 seconds (0.1#10.140)