9 Penyebab Email Masuk ke Spam

Kamis, 12 Mei 2022 - 16:59 WIB
loading...
9 Penyebab Email Masuk ke Spam
Menghindari spam di email. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Saat mengirim email, pasti pernah kan email malah masuk ke spam ? Tentu ini akan merugikan, terlebih kalau email yang dikirim berkaitan dengan tugas sekolah atau pekerjaan.

Nah untuk mengatasinya, penting untuk mengetahui apa penyebab email bisa masuk ke spam. Berikut adalah penyebab email masuk ke spam, dilansir dari blog Niagahoster, Kamis (12/5/2022).



1. Judul Email Tidak Relevan
Penyebab email masuk ke spam bisa karena judul email tidak relevan dengan isi yang ada di dalamnya, atau click bait. Sekali mengirim email dengan judul click bait, penerima mungkin akan menandainya sebagai spam. Dan ini akan berlaku seterusnya.

Untuk itu, pastikan judul email dimulai dengan kata kerja yang pas dan berisi urgensi yang wajar tidak berlebihan. Selain itu, hal yang terpenting adalah pastikan judul relevan dengan konten.

2. Konten Email Terjaring Filter Spam

Filter spam akan menyaring email berdasarkan elemen tertentu di dalamnya. Kalau email berisi elemen tersebut, maka email akan otomatis dianggap spam.

Untuk itu hindari beberapa pemicu filter spam seperti berisi banyak kata Gratis, Harga Terendah, dan Tanpa Biaya, tanda baca yang tidak perlu, atau huruf besar semua.

3. Tidak Ada Link Berhenti Langganan

Bagi yang bekerja di bidang marketing, jangan sekali-kali mengirim email tanpa opsi berhenti berlangganan karena ini sama saja seperti pemaksaan.

Hal ini bisa memicu penerima untuk menjadikannya spam. Jika tidak ingin ini terjadi, sertakan juga opsi berhenti berlangganan dengan menampilkan link berhenti berlangganan.

4. Mengirim Email dengan Banyak Lampiran

Menggunakan banyak lampiran bisa mengakibatkan email masuk spam. Apalagi kalau file lampiran yang disertakan dianggap mengandung malware dan virus.

Jika memang perlu mengirimkan lampiran, jangan terlalu banyak atau gunakan alternatif lain. Misalnya, menguploadnya terlebih dulu di Google Drive atau Dropbox, lalu sisipkan link lampiran ke email.

5. Menggunakan Struktur Email yang Tidak Tepat

Untuk membuat email yang menarik, struktur email harus baik. Perlu untik mengatur elemen seperti gambar, video, atau font tulisan dalam email tersebut.

6. Nama Pengirim Tidak Tepat

Alasan lain kenapa email masuk ke spam adalah informasi nama pengirim tidak tepat. Bisa karena kesalahan saat input, misalnya jika menggunakan plugin contact form.

Jika hal ini terjadi, cara menanganinya sebenarnya cukup mudah. Klik plugin Contact Form di dashboard, lalu klik tab Mail. Pastikan kolom “From” merupakan alamat email admit website.

7. Belum Mengatur Autentikasi Email Otomatis

Saat menggunakan layanan email otomatis, email akan dikirimkan dengan nama domain pengirim. Email ini bisa dianggap spam oleh penerima kalau pengaturannya tidak pas.

Oleh sebab itu, perlu melakukan pengaturan autentikasi email yang tepat.

Nah, ada beberapa cara autentikasi email yang bisa Anda lakukan, yaitu SPF (Sender Policy Framework) atau DKIM (Domain Key Identified Mail).

SPF bekerja dengan memverifikasi alamat IP pengirim terhadap daftar IP yang dituju, Sementara DKIM memverifikasi email dengan memberikan kunci enkripsi dan tanda tangan digital.

8. Penerima Menandai Email sebagai Spam

Alasan lain kenapa email masuk spam adalah karena penerima menandai email sebagai spam. Kalau sudah begini tidak bisa diatasi lagi, namun bisa mencegahya dengan membuat konten yang menarik.

9. Tidak Memiliki Izin dari Penerima Email

Meminta izin sebelum mengirim email bisa menjadi solusinya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan formulir online yang diisi oleh audiens sendiri.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)