4 Aplikasi Kalkulator Zakat, Bisa Langsung Bayar Zakat Fitrah dan Zakat Maal

Kamis, 21 April 2022 - 17:05 WIB
loading...
4 Aplikasi Kalkulator Zakat, Bisa Langsung Bayar Zakat Fitrah dan Zakat Maal
Anda bisa mudah menghitung zakat lewat aplikasi yang dapat membantu menghitung besaran zakat yang harus Anda keluarkan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Membayar zakat menjelang akhir Ramadhan jelas jadi kewajiban umat muslim. Seiring perkembangan zaman, sebagian transaksi keuangan dilakukan secara online atau scan QR code. Termasuk zakat fitrah.

Saat ini ada beberapa lembaga yang menyediakan pelayanan amal zakat fitrah, dimana mereka yang tidak bisa memberikannya secara langsung dapat melakukan transfer (online).

Meski demikian, masih banyak orang yang bingung cara menghitung zakat. Baik zakat fitrah maupun zakat maal. Misalnya, berapa total yang harus dikeluarkan sesuai syariat Islam.

Nah kini, Anda bisa mudah menghitung zakat lewat aplikasi yang dapat membantu menghitung besaran zakat yang harus Anda keluarkan. Berikut empat di antaranya:

1. Rumah Zakat
Rumah Zakat menjadi salah satu platform digital yang bisa diunduh sebagai aplikasi, atau mengaksesnya lewat website. Di sini Anda bisa menghitung berapa besaran zakat yang harus dikeluarkan. Saat memasuki laman Rumah Zakat, ada berbagai pilihan zakat yang bisa dihitung, juga jenis zakat yang ingin dibayarkan.

2. Kalkulator Dompet Dhuafa
Selanjutnya kalkulator Dompet Dhuafa, yang bisa mempermudah Anda menghitung berapa besaran zakat yang akan dikeluarkan. Saat memasuki platform digital ini, Anda akan ditampilkan pilihan zakat apa yang akan dibayarkan berasal dari Zakat Penghasilan atau Zakat Maal.

3. Kalkulator BAZNAS
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) juga menyediakan layanan aplikasi dan website untuk menghitung zakat. Ini juga akan mempermudah Anda jika masih bingung berapa besaran zakat yang harus dikeluarkan. Ketika membuka aplikasi, Anda akan ditampilkan tata cara penggunaan kalkulator zakat ini. Kemudian tinggal ikuti petunjuknya, cukup mudah kok.



4. Zakatpedia
Aplikasi Zakatpedia juga bisa Anda unduh dan gunakan untuk menghitung berapa besaran, atau jumlah zakat yang akan dibayarkan. Baik zakat fitrah maupun maal. Saat membuka aplikasi, ada beberapa fitur yang bisa dipilih. Juga panduan soal hitung menghitung, berapa jumlah zakat yang harus Anda keluarkan dan bayarkan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8277 seconds (0.1#10.140)