6 Aplikasi Jadwal Puasa Ramadan, Nomor Terakhir Bisa Hitung Zakat

Selasa, 21 Maret 2023 - 17:28 WIB
loading...
6 Aplikasi Jadwal Puasa Ramadan, Nomor Terakhir Bisa Hitung Zakat
Terdapat enam aplikasi jadwal puasa Ramadan yang bisa diketahui. Salah satunya Ramadhan 2023. Foto DOK Google Play
A A A
JAKARTA - Terdapat enam aplikasi jadwal puasa Ramadan yang bisa diketahui. Selain menyediakan jadwal imsak dan sholat, aplikai tersebut juga menyediakan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Jelang Ramadan, berbagai aplikasi yang berkaitan dengan bulan suci mulai bermunculan di Play Store dan App Store.

Kemunculan berbagai aplikasi ini tentulah akan memudahkan para penggunanya dalam memantau jadwal puasa. Mulai dari kapan waktu imsak hingga jam berapa waktu berbuka.



Selain itu, beberapa aplikasi juga menghadirkan beberapa fitur religius lain yang memberi kemudahan para penggunanya.

Daftar Aplikasi Jadwal Puasa Ramadan

Berikut enam aplikasi jadwal puasa ramadan.

1. Ramadhan 2023

Aplikasi besutan PXL APPS ini selain menyediakan jadwal imsakiyah, dan sholat, juga menghadirkan fitur Asmaul Husna di dalamnya. Kalimat-kalimat suci ini dapat dibaca setelah sholat untuk menambah ketaqwaan.

2. Athan Pro

Selain menyediakan jadwal imsakiyah dan berbuka, aplikasi ini dapat memberikan notifikasi berupa suara adzan bila telah memasuki waktu ibadah tertentu. Hal tersebut membuat penggunanya akan selalu ingat untuk beribadah meski tengah jauh dari masjid.

3. Umma

Selain menyediakan jadwal puasa, aplikasi ini juga menghadirkan fitur belajar Al-Quran, mulai dari mempelajari ayat, hingga mendengarkan lantunan ayat tertentu. Aplikasi ini juga menyediakan fitur lain berupa tanya jawab mengenai gaya hidup dalam pandangan islam.


4. Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Tidak hanya memiliki jadwal imsak dan salat di bulan Ramadan, aplikasi ini juga menghadirkan kalender Hijriah bagi umat Islam.

Selain itu, terdapat pula fitur lain seperti penunjuk arah kiblat, Al-Quran terjemahan, audio, dan fonetik, serta tasbih digital.

5. Sahabat Puasa

Aplikasi yang digarap oleh Bitsmedia Pte Ltd ini mampu mengelola jadwal puasa Ramadan pengguna, termasuk menggantinya bila pengguna tidak menjalankan puasa. Nantinya akan terdapat fitur pengingat waktu puasa yang akan mengingatkan untuk berpuasa setelah bulan Ramadan berakhir.

6. Fasting Calendar

Aplikasi berbentuk kalender ini menyediakan informasi kalender Islam (Hijriyah) yang dapat ditandai setiap bulannya selain menyediakan jadwal puasa.

Canggihnya lagi, aplikasi ini juga dapat menghitung jumlah Zakat Fidyah yang perlu dibayarkan, baik dalam bentuk uang atau jumlah gandum, jagung atau beras bila seseorang sempat meninggalkan puasa.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)