Cara Melihat Password Wi-Fi di HP yang Sudah Pernah Tersambung

Kamis, 17 Maret 2022 - 14:25 WIB
loading...
Cara Melihat Password Wi-Fi di HP yang Sudah Pernah Tersambung
Cara melihat password Wi-Fi di HP yang sudah pernah tersambung bisa dilakukan lewat beberapa metode. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara melihat password Wi-Fi di HP yang sudah pernah terhubung sebelumnya. Cara tersebut dapat dilakukan melalui menu pengaturan, atau memakai aplikasi pendukung.

Seiring berkembangnya zaman, Wi-Fi menjelma menjadi salah kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat pada umumnya.

Karena saat ini hampir segala aspek kehidupan memerlukan koneksi internet. Baik untuk berhubungan dengan orang lain, untuk hiburan, hingga menyelesaikan pekerjaan.

Walau setiap orang bisa membeli kuota internet untuk digunakan pribadi, namun dalam hal ini penggunaan Wi-Fi dinilai lebih baik karena bisa digunakan banyak orang dan harganya relatif lebih murah dibandingkan membeli kuota internet setiap bulannya.

Hal tersebut membuat sebagian orang memilih untuk memasang Wi-Fi sendiri di rumahnya atau setidaknya mencari tempat-tempat yang memiliki Wi-Fi di dalamnya, seperti Cafe, Wi-Fi Corner , dan tempat lainnya.



Dalam penggunaan Wi-Fi, setiap perangkat yang tersambung ke Wi-Fi akan meninggalkan jejak penggunaan. Sehingga perangkat tersebut bisa melihat password atau kata sandi dari Wi-Fi yang pernah terhubung sebelumnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara melihat password Wi-Fi di HP yang sudah pernah tersambung sebelumnya:

Melalui Menu Pengaturan
Cara Melihat Password Wi-Fi di HP yang Sudah Pernah Tersambung

Cara termudah melihat password Wi-Fi di HP adalah melalui menu pengaturan atau Settings. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya dapat digunakan oleh perangkat Android dengan sistem operasi Android 10 keatas. Berikut langkah-langkahnya:

-Langkah pertama, buka menu pengaturan pada HP.

-Setelah itu pilih bagian Wi-Fi. Disitu akan muncul beberapa Wi-Fi yang berada di dalam jangkauan perangkat Anda.

-Selanjutnya, pilih opsi “Saved Networks” pada bagian bawah. Dalam menu ini, akan terlihat beberapa Wi-Fi yang telah disimpan perangkat Anda. Pilih salah satu jaringan Wi-Fi yang ingin Anda ketahui kata sandinya.

-Kemudian pilih opsi Share pada bagian atas. Untuk melanjutkan langkah ini, Anda akan diminta memasukan pin pada perangkat atau memindai sidik jari sebagai bentuk verifikasi keamanan ponsel.

-Setelah itu akan muncul QR Code Wifi tersebut.

-Scan QR code dengan aplikasi pemindai QR untuk menyalin SSID dan Password Wi-Fi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa langsung menyalin kata sandi yang berada tepat di bawah QR code.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)