Tidak Sejalan dengan China, TikTok Ikut Musuhi Rusia

Selasa, 08 Maret 2022 - 17:11 WIB
loading...
Tidak Sejalan dengan China, TikTok Ikut Musuhi Rusia
TikTok banned Rusia. FOTO Ilustrasi/ BBC
A A A
MOSCOW - Meskipun China menjadi sekutu Rusia, raksasa media sosial asal China TikTok mengumumkan penangguhan streaming langsung dan konten di Rusia untuk mendukung protes agresi negara itu di Ukraina.

Seperti dilansir dari Daily Mail, perusahaan membuat pengumuman sebagai tanggapan atas undang-undang 'berita palsu' baru yang kontroversial di Moskow.



Hal itu dianggap mengancam dan bisa dipenjara karena membagikan informasi yang dianggap pihak berwenang sebagai informasi palsu.

TikTok menegaskan adalah saluran untuk kreativitas dan hiburan yang dapat memberikan sumber kelegaan dan memperkuat hubungan manusia.

Namun selama masa perang ketika orang menghadapi tragedi yang menyedihkan.

"Ancaman Rusia yang mengklaim bahwa platform tersebut adalah media untuk menyebarkan berita palsu telah membuat kami tidak punya pilihan selain menangguhkan layanan di sana," kata TikTok dalam sebuah pernyataan.

Selain TikTok, Netflix juga memutuskan untuk menangguhkan layanannya di Rusia.

Awal pekan ini, Netflix menghentikan sementara semua proyek dan akuisisi masa depan di Rusia setelah menilai dampak agresi Moskow di Ukraina.

"Ketika situasi di lapangan memburuk, kami memutuskan untuk menangguhkan layanan kami di Rusia," kata juru bicara Netflix.

Perusahaan kartu kredit AS American Express juga telah menangguhkan semua operasi di Rusia dan Belarusia.

Kartu American Express yang dikeluarkan secara global tidak lagi berfungsi di toko atau mesin anjungan tunai mandiri (ATM) mana pun di Rusia, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Visa dan Mastercard juga telah memblokir beberapa lembaga keuangan Rusia dari jaringan mereka, sesuai dengan pembatasan pemerintah yang diberlakukan pada invasi Moskow ke Ukraina.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)