Apa Itu Robot Trading dan Mengapa Anda Harus Waspada?

Sabtu, 05 Maret 2022 - 11:05 WIB
loading...
Apa Itu Robot Trading dan Mengapa Anda Harus Waspada?
Robot Trading (RT) banyak yang dibalut dengan MLM sehingga disinyalir menggunakan skema ponzi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Salah satu aktivitas yang dihentikan Bappepti dan disinyalir kuat sebagai skema Ponzi adalah Robot Trading (RT) .

Menurut pakar keamanan siber Alfons Tanujaya, RT menjanjikan keuntungan yang pasti kepada anggotanya. Bahkan, beberapa pengelola RT menjalankan aktivitasnya secara diam-diam.

”Ada yang mengaku hanya menjual program robot saja. Namun, dalam prakteknya mengelola transaksi trading dan sangat aktif merekrut anggota baru. Mereka menggunakan metode MLM untuk menyetorkan dana ke sistem Robot Trading yang dijanjikan akan memberikan keuntungan tetap setiap bulan,” ujar Alfons.

g!

Apa Itu Robot Trading?
Sebenarnya, Robot Trading adalah piranti lunak yang melakukan otomasi dalam aktivitas jual beli valas dan banyak diperjualbelikan secara terbuka dan legal.

Namun, Robot Trading yang dipermasalahkan ini berani memberikan jaminan keuntungan tetap setiap bulan.

Suatu hal yang trader profesionalpun dan berpengalamanpun tidak ada yang berani melakukannya. ”Disinyalir kuat menggunakan skema Ponzi untuk menarik anggotanya,” ujar Alfons.

Ciri-Ciri Robot Trading Berbahaya
Beberapa indikasi Robot Trading berpotensi fraud adalah sebagai berikut :

1. Hanya dilakukan pada broker tertentu saja
Bukan broker terpercaya/bonafid dan mendapat sertifikasi dari lembaga terpercaya. Peserta bahkan tidak dapat memilih broker. Karena broker penyelenggara telah ditentukan sedemikian rupa dengan ketentuan khusus.

Menurut analisa yang dilakukan oleh beberapa trader berpengalaman, tujuan menggunakan broker tertentu ini dimungkinkan untuk memanipulasi chart trading yang ada. Dengan chart trading fiktif yang telah diatur sedemikian rupa dan disesuaikan dengan janji bagi hasil yang diberikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2813 seconds (0.1#10.140)