Apa Itu NFT dan Mengapa Sangat Populer?

Selasa, 22 Februari 2022 - 14:01 WIB
loading...
Apa Itu NFT dan Mengapa Sangat Populer?
NFT menjadi istilah yang sangat populer di Indonesia belakangan ini seiring popularitas Ghozali Everyday. Foto: tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Oleh: Wilson, VP Marketing of Brick

Ghozali Everyday membuat istilah Non Fungible Token (NFT) menjadi sangat populer. Tapi, apa sebenarnya NFT dan mengapa orang mau menghabiskan banyak sekali uang untuk membeli barang virtual?

Non Fungible Token atau token yang tidak dapat dipertukarkan adalah aset digital dengan properti unik yang membuatnya lebih sulit untuk disalin atau direplikasi daripada token yang dapat dipertukarkan.

Tidak seperti cryptocurrency tradisional yang dirancang untuk digunakan sebagai mata uang, NFT memiliki berbagai aplikasi di ruang blockchain.

Dalam dunia game, NFT digunakan untuk membuat item unik dalam game yang memiliki nilai tersendiri dan tidak dapat direplikasi atau ”dihabiskan” lebih dari satu kali.

Di dunia koleksi, NFT digunakan untuk mewakili karya seni yang unik, token fisik, dan bahkan ruang fisik yang unik.

Properti unik NFT adalah yang membuatnya begitu kuat. Karena setiap token itu unik, maka ia memiliki nilai tersendiri.

Ini mencegah pengguna “menghabiskan” token mereka dan mempersulit scammer untuk memalsukannya. Nilai token ditentukan oleh pasar, bukan pencipta.

Fungsi NFT
Perbedaan antara cryptocurrency tradisional dan NFT terletak pada penggunaannya. Cryptocurrency tradisional, seperti Bitcoin dan Ethereum, dirancang untuk digunakan sebagai alat tukar.

Namun, NFT memiliki jangkauan aplikasi yang jauh lebih luas, dan karakteristik bawaannya membuatnya lebih cocok untuk beberapa penggunaan daripada yang lain. Misalnya, untuk koleksi digital atau Collateralized Collectibles (seperti CryptoKitties), paling cocok untuk digunakan sebagai media pertukaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)