4 Fungsi NFC di HP, Tidak Hanya Cek Saldo Uang Elektronik

Sabtu, 19 Februari 2022 - 14:09 WIB
loading...
4 Fungsi NFC di HP, Tidak Hanya Cek Saldo Uang Elektronik
NFC saat ini jadi fitur wajib di ponsel. Termasuk ponsel entry level sekalipun. Foto: dok POCO Indonesia
A A A
JAKARTA - Fitur Near Field Communication (NFC) ternyata memiliki banyak sekali fungsi. Sayangnya, sebagian besar konsumen hanya menggunakan NFC untuk mengecek saldo uang elektronik yang digunakan untuk membayar tol atau MRT.

Head of Marketing POCO Indonesia Andi Renreng mengatakan, NFC menggunakan radio frekuensi untuk melakukan transfer data antar perangkat. ”Bedanya dengan Bluetooth, jarak transfer antar perangkat menggunakan NFC biasanya hanya 10 cm,” ujarnya.

Namun menurut Andi, NFC biasanya memiliki proses transfer yang cepat, mengkonsumsi sedikit daya dan aman.

Karena itu, Andi menyebut bahwa di ponsel entry level seperti POCO M3 Pro 5G sudah dibekali NFC. ”Termasuk juga model lain seperti POCO X3 NFC, POCO X3 Pro, POCO X3 GT dan POCO F3,” ungkapnya.



Nah, berikut beberapa fitur NFC di ponsel selain selain mengecek saldo uang elektronik:

1. Berbagi data dengan Android Beam
Android Beam merupakan fitur yang selalu ada di setiap ponsel Android yang dilengkapi dengan NFC. Gunanya untuk berbagi data, termasuk kontak di ponsel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat. Teknologi ini hanya butuh sedikit daya. Tinggal pilih file yang ingin dibagikan, lalu pilih Android Beam.

2. Speaker Bluetooth
Menyalakan speaker berbasis bluetooth juga bisa dilakukan dengan NFC di smartphone. Hanya sekali sentuh. Cara ini diklaim lebih cepat dan tidak melibatkan banyak langkah seperti koneksi bluetooth biasanya.

3. Transaksi pembayaran
Untuk menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran butuh aplikasi pembayaran dari Google terlebih dahulu. Lalu, cukup pemindaian dengan cara mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, dan tekan tombol Bayar.

4. Berbagi koneksi WiFi
Berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone bisa dilakukan dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian.
Di hotel, misalnya, acap menyediakan alat yang disebut WiFi Porter. Nah pengguna bisa langsung mengakses WiFi tanpa kata sandi, cukup menempelkan smartphone ke tempat yang disediakan maka WiFi akan otomatis tersambung.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)