Rusia Dituding Mulai Bombardir Website Bank dan Militer Ukraina

Kamis, 17 Februari 2022 - 05:01 WIB
loading...
Rusia Dituding  Mulai Bombardir Website Bank dan Militer Ukraina
Ilustrasi Serangan Hacker Rusia ke website Ukraina. FOTO/ IST
A A A
KIEV - Ukraina kemarin mengklaim bahwa situs Kementerian Pertahanan, pasukan militer dan dua bank besar di negara itu, telah mengalami serangan siber yang diduga dilakukan oleh Rusia.

Seperti dilansir dari AFP Rabu (16/2/2022), masalah itu diumumkan oleh badan pemantau komunikasi Ukraina, karena bekas negara Soviet itu khawatir tentang kemungkinan serangan oleh pasukan Rusia yang sedang menjalani pelatihan di daerah perbatasan.



Situs web yang dilaporkan terpengaruh mencakup dua lembaga keuangan terbesar di Ukraina, Oschadbank dan Privat.

Dan parahnya selain dua situs bank tersebut, situs web militer masih tidak dapat diakses beberapa jam setelah laporan awal serangan itu dirilis.

Situs web Kementerian Pertahanan menampilkan pesan yang berbunyi 'pemeliharaan teknis sedang berlangsung.' Situs web tentara menampilkan pesan bahwa kerusakkan itu tidak dapat dijangkau.

Sedangkan pihak bank, menghadapi serangan DDoS masif yang memblokir layanan perbankan online, termasuk pembayaran dan tampilan saldo.

Pada saat yang sama, ,mereka juga mengalami serangan penolakan layanan membuat ATM offline dan pengguna tak bisa menarik atau mentransfer dana secara online.

Mengutip laman The Verge, Rabu (16/2/2022), serangan DDoS terjadi saat Rusia mengklaim akan mengurangi potensi konflik dengan menarik pasukan dari perbatasan Ukraina.

Pernyataan tersebut disambut dengan 'optimisme hati-hati" oleh NATO, tapi mereka juga skeptis di tengah serangkaian sinyal kontradiktif dari militer Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)