Telkomsel Akan Bunuh Jaringan 3G Tahun Ini, Perlukah Konsumen Khawatir?

Sabtu, 22 Januari 2022 - 18:36 WIB
loading...
Telkomsel Akan Bunuh Jaringan 3G Tahun Ini, Perlukah Konsumen Khawatir?
Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pengkajian penghapusan layanan 3G. Foto: dok Telkomsel
A A A
JAKARTA - Mulai 2022, Telkomsel secara bertahap akan melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pengkajian penghapusan layanan 3G dengan tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata.

Direktur Network Telkomsel Nugroho memastikan bahwa proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang.

Hal tersebut mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia.



Untuk itu, jelasnya, Telkomsel secara berkala telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, mulai dari Kemkominfo, hingga lembaga/institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) hingga Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Telkomsel Akan Bunuh Jaringan 3G Tahun Ini, Perlukah Konsumen Khawatir?

”Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik, termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan,” ujar Nugroho dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Tak hanya itu, Standar QoS (quality of service) juga terus akan diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga.

Layanan 4G/LTE diklaim dapat membuat aktivitas digital lebih baik dibandingkan dengan layanan 3G, seperti streaming video dan musik, video conference dan bermain game online.

Untuk itu, operator seluler berplat merah ini mengajak para pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE. Untuk itu, Telkomsel siap membantu kemudahan pelanggan untuk percepatan migrasi layanan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7361 seconds (0.1#10.140)