Nokia Berencana Luncurkan Jaringan 4G LTE di Bulan, Bukan Buat Alien!

Kamis, 13 April 2023 - 17:49 WIB
loading...
Nokia Berencana Luncurkan Jaringan 4G LTE di Bulan, Bukan Buat Alien!
Nokia berencana meluncurkan jaringan 4G LTE di bulan untuk komunikasi rover dan astronot. Foto: dok Gizmochina
A A A
JAKARTA - Masih banyak wilayah yang tidak terjangkau koneksi internet. Tapi, Nokia punya rencana beda. Raksasa teknologi asal Finlandia itu justru ingin meluncurkan jaringan 4G LTE di bulan pada akhir 2023 mendatang. Pertanyaannya, tentu saja, untuk apa?

Jaringan 4G LTE di bulan itu diharapkan bisa mendorong eksplorasi dan penemuan yang ada di bulan. Nokia juga akan bekerja sama dengan SpaceX untuk meluncurkan jaringannya ke luar angkasa.

Menurut CNBC, Nokia akan mengirimkan sebuah sistem ke luar angkasa, yang terdiri dari tiga bagian.

Pertama, stasiun pangkalan (base station) yang dilengkapi antena. Stasiun tersebut akan dibawa oleh pendarat bulan Nova-C rancangan perusahaan luar angkasa AS Intuitive Machines. Kemudian, ada juga rover atau penjelajah bulan bertenaga matahari.

Nova-C adalah kapal pelindung yang menahan dan mengangkut rover. Dalam misinya, Nova-C akan mendarat dengan aman di permukaan bulan. Setelah itu, rover akan berkeliaran, mengirimkan informasi kembali ke pangkalannya. Nah, koneksi LTE akan terhubung antara Nova-C dan rover.

Klaim Nokia, mereka akan membuat jaringan LTE pertamanya di kawah Shackleton yang terletak di dekat kutub selatan Bulan.

Tentu saja, kondisi bulan tidak seperti Bumi, di mana suhu dapat setinggi 121 derajat Celcius dan -120 derajat Celcius menurut NASA.

Karena itu, jangan bayangkan jaringan 4G LTE ini akan digunakan oleh turis luar angkasa di bulan untuk mengunggah TikToks dan Instagram Reels.

Untuk saat ini, jaringan tersebut akan digunakan oleh NASA dan akan menjadi semacam tempat pengujian untuk melihat apakah teknologi seluler yang diandalkan selama bertahun-tahun di bumi benar-benar dapat diterapkan di luar angkasa.



Beberapa kasus penggunaan teknologi ini adalah komunikasi antar astronot, dan tentu saja mengembalikan data penting ke kontrol misi di Bumi.

Meskipun Nokia siap untuk membangun jaringannya dan bekerja di Bulan, ada banyak komponen-komponen bergerak yang disuplai perusahaan lain. Sehingga mereka sangat bergantung pada mitranya untuk memenuhi deadlinediakhirtahun.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)