Selamat Tinggal 3G! 96 Persen Jaringan Telkomsel Kini Sudah 4G

Rabu, 21 Juni 2023 - 15:20 WIB
loading...
Selamat Tinggal 3G! 96 Persen Jaringan Telkomsel Kini Sudah 4G
Telkomsel baru saja menuntaskan upgrade Layanan 3G ke 4G di seluruh 504 Kota/Kabupaten wilayah Indonesia. Foto: dok Telkomsel
A A A
JAKARTA - Jaringan 3G resmi digantikan oleh 4G di Indonesia. Artinya, kemungkinan internet lemot atau lambat seharusnya bakal lebih kecil.

Ini setelah Telkomsel mengklaim berhasil melakukan peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Proses upgrade itu sudah dimulai sejak Maret 2022 lalu, resmi rampung pada pada Juni 2023 dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G ke lebih dari 49 ribu BTS ke 4G/LTE.

Kini, lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel.

Peningkatan Jumlah Pelanggan dan Trafik
Selamat Tinggal 3G! 96 Persen Jaringan Telkomsel Kini Sudah 4G

Dengan dirampungkannya peningkatan/pengalihan (upgrade) di seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84 persen (YoY). Diikuti pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY).

Selain itu, dengan semakin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51 persen (YoY).

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, seluruh peningkatan itu salah satunya karena insiatif kemudahan bagi pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan, serta memberikan beragam penawaran program dan produk menarik. “Mulai promo tambahan kuota data 4G/LTE hingga program bundling smartphone 4G yang lebih terjangkau,” bebernya.

Nugroho menambahkan, keberhasilan Telkomsel dalam melakukan seluruh proses peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten didukung oleh komitmen perusahaan dilakukan melalui proses tahapan yang cukup menantang.

“Mulai tahap awal pengkajian, perencanaan dan persiapan matang, hingga kelancaran pelaksanaan proses,” ungkapnya.

Selamat Tinggal 3G! 96 Persen Jaringan Telkomsel Kini Sudah 4G

Ia menyebut Telkomsel juga terus melakukan peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringannya. Salah satunya memperkuat kapabilitas pemanfaatan teknologi VoLTE yang dapat memberikan layanan telepon dengan basis jaringan 4G/LTE, di mana pelanggan dapat menggunakan internet tanpa terputus baik itu browsing, bermain game, dan video streaming saat melakukan panggilan telepon.

Hingga saat ini layanan VoLTE telah tersedia di lebih dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone.



Nugroho menambahkan, Telkomsel juga mengajak pelanggan segmen korporasi/enterprise serta industri yang memiliki layanan Machine-to-Machine (M2M), seperti perangkat Electronic Data Capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik, serta perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang harus terhubung dengan jaringan broadband, untuk dapat melakukan percepatan migrasi perangkat ke teknologi yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel.

“Percepatan tersebut akan memberikan kepastian pemanfaatan layanan dari perangkat yang disediakan agar dapat beroperasi lebih optimal melalui dukungan jaringan broadband 4G/LTE,”bebernya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2807 seconds (0.1#10.140)