Gandeng Cisco, XL Axiata Kenalkan Teknologi Jaringan CUTO

Rabu, 19 Januari 2022 - 21:05 WIB
loading...
Gandeng Cisco, XL Axiata Kenalkan Teknologi Jaringan CUTO
Teknologi CUTO disebut mampu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan seluler. Foto: dok XL Axiata
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Cisco menerapkan teknologi jaringan baru pada jaringan 4G XL Axiata yang disebut CUTO (Cisco Ultra Traffic Optimization). Teknologi tersebut terbukti berhasil meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan radio.

CUTO mulai diimplementasikan pada akhir 2021 di sejumlah area dengan tingkat kepadatan trafik data yang tinggi. Di 2022, XL Axiata akan memperluas adopsi teknologi ini.



”Penerapan teknologi CUTO ini yang pertama di Indonesia,” beber Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Menurut I Gede Darmayusa, CUTO membantu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan sehingga infrastruktur jaringan seluler mereka menjadi semakin lebih baik. ”Dengan CUTO, XL Axiata dapat memberikan layanan data berkualitas tinggi kepada pelanggan,” bebernya.

Ia menambahkan, teknologi CUTO merupakan solusi tepat di jaringan XL Axiata. Sebab, bisa mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan dengan memberikan throughput dan pengalaman mobile broadband lebih baik kepada pelanggan.

”Terbukti dari laporan pengukuran jaringan terbaru, dimana throughput pengguna XL Axiata telah mengalami peningkatan hingga sekitar 17% melalui penerapan CUTO,” bebernya.

Sanjay Kaul, President, Service Provider, Asia Pacific and Japan, Cisco menyebut bahwa CUTO merupakan fitur optimasi yang dihadirkan oleh Cisco untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan XL Axiata dengan mengandalkan algoritma Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML).

”Dengan algoritma AI dan ML tersebut, CUTO mampu mendeteksi kepadatan jaringan dan mengoptimalkan trafik data, sehingga penggunaan kapasitas jaringan dapat lebih efisien tanpa menurunkan pengalaman pelanggan XL Axiata,” beber Sanjay Kaul.

Melalui sejumlah fitur canggih yang dimiliki CUTO tersebut, kapasitas jaringan dapat diperbesar tanpa harus melakukan upgrade jaringan sebagaimana halnya solusi konvensional.

Dengan jumlah pelanggan hampir 58 juta di Indonesia, XL Axiata adalah salah satu penyedia layanan seluler terbesar di tanah air.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)