Kenang Tokoh Pendidikan, Google Doodle Tampilkan Sosok Bu Kasur

Minggu, 16 Januari 2022 - 11:23 WIB
loading...
Kenang Tokoh Pendidikan, Google Doodle Tampilkan Sosok Bu Kasur
Google Doodle memperingati hari lahir Sandiah atau yang lebih di kenal sebagai Bu Kasur dengan menampilkan sosok tokoh pendidikan nasional itu hari ini, Minggu (16/1/2022). Foto/Google
A A A
JAKARTA - Google Doodle memperingati hari lahir Sandiah atau yang lebih di kenal sebagai Bu Kasur dengan menampilkan sosok tersebut hari ini, Minggu (16/1/2022).

Doodle sosok Bu Kasur ini digambarkan dengan gaya lukisan pensil berwarna dengan latar matahari dan anak-anak yang sedang bermain di taman. Ini mencerminkan Bu Kasur yang merupakan seorang tokoh yang konsen terhadap pendidikan anak-anak.

Bu kasur yang lahir dengan nama Sandiah, lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926. Sebelum terjun ke dunia pendidikan, Bu Kasur pernah bergabung di Pramuka. Di sinilah Bu Kasur bertemu dengan seorang pria yang belakangan menjadi suaminya.

BACA: Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Marie thomas, Siapa Dia?

Sosok Bu Kasur di kenal sebagai ibu yang penyayang dan sabar dalam mengajarkan generasi muda Indonesia dengan nilai-nilai moral. Kemudian, bu Kasur membuka sekolah pendidikan awal bernama TK Mini di rumahnya sendiri pada tahun 1965.

Sekolah ini menjadi cikal-bakal bagi pengabdian seumur hidup Bu Kasur terhadap pendidikan pemuda Indonesia. Keduanya lantas memperluas program pendidikannya ke seluruh Indonesia sebagai pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia.



Pada Hari Anak Nasional tahun 1988, Bu Kasur dianugerahi Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi.

Bu Kasur juga mengedit majalah anak-anak, memproduksi film anak-anak, dan membuat puluhan lagu anak-anak.

BACA JUGA: Ford Raptor Akan Mengaspal di Indonesia, Diimpor Langsung dari Thailand

"Jika Anda mendengarkan dengan seksama komposisi lagu khas Kasur, Anda dapat mendengar bahwa mereka menghilangkan huruf R agar lagu itu mudah diingat dan diucapkan anak-anak," ujar Google .

Saat ini, dari 150 lagu anak-anak yang diciptakan Bu Kasur, ada beberapa lagu yang ingga kini masih dinyanyikan anak-anak Indonesia seperti “Kucingku” atau “Bertepuk Tangan”.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1472 seconds (11.210#12.26)