Cara Melindungi Akun WhatsApp di Momen Tahun Baru

Kamis, 30 Desember 2021 - 17:05 WIB
loading...
Cara Melindungi Akun WhatsApp di Momen Tahun Baru
Serangan siber terhadap WhatsApp diperkirakan meningkat di pergantian tahun. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Aktivitas menggunakan WhatsApp diperkirakan akan meningkat selama liburan Tahun Baru. Itu artinya, serangan siber terhadap pengguna WhatsApp juga ikut naik.

Parahnya lagi, banyak konsumen yang lengah. Sehingga membuat mereka rentan terhadap serangan siber yang dapat membuat mereka kehilangan akses ke akun mereka.



Beberapa serangan yang mungkin terjadi adalah peretas yang mencoba menyamar sebagai anggota keluar untuk mendapatkan akses ke akun pengguna WhatsApp yang tidak curiga.

Setelah mereka mengambil alih akun Anda, scammers juga dapat menggunakannya untuk menyamar sebagai Anda dan mendapatkan akses lebih lanjut ke akun keluarga dan teman juga.

Lalu, bagaimana cara menjaga keamanan akun WhatsApp Anda?

Cara terbaik dan termudah untuk mengamankan akun WhatsApp Anda adalah memastikan bahwa Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Setelah itu, buat PIN untuk akun Anda. Langkah ekstra ini sangat mudah diatur dan dapat dilakukan hanya dengan mengklik tombol di pengaturan privasi akun Anda.

Ingatlah untuk menyimpan kode verifikasi dan PIN Anda sendiri, jangan bagikan dengan siapa pun. Tindakan sederhana namun penting lainnya adalah tetap waspada terhadap pesan yang mencurigakan atau tidak diminta.

Selalu waspada dengan siapa Anda berbagi informasi dan jangan percaya siapa pun yang ingin menawarkan uang secara tiba-tiba, terutama selama periode liburan.

Apa yang harus dilakukan jika akun Whatsapp Anda diretas? Jika orang lain mendapatkan akses ke akun WhatsApp Anda, beri tahu keluarga dan teman Anda terlebih dahulu.

Jika Anda pernah ditipu untuk membagikan kode Anda dan akhirnya kehilangan akses ke akun WhatsApp Anda, beri tahu keluarga dan teman Anda terlebih dahulu karena peretas dapat meniru identitas Anda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)