Waspada, Ini Ciri-ciri WA Disadap yang Perlu Diperhatikan

Jum'at, 22 September 2023 - 16:27 WIB
loading...
Waspada, Ini Ciri-ciri WA Disadap yang Perlu Diperhatikan
Sejumlah ciri-ciri WA disadap perlu diwaspadai setiap pengguna. Foto/CNET
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah ciri WA disadap yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah muncul kiriman kode OTP tanpa diminta.

Sejatinya WhatsApp sudah memberikan akses keamanan yang cukup ketat bagi akun pengguna. Meski demikian, hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya tindakan penyadapan atau pembajakan terhadap akun pengguna.

Seiring perkembangan teknologi, ada sebagian orang tak bertanggung jawab yang melakukan kejahatan siber. Salah satunya adalah dalam bentuk penyadapan atau pembajakan akun WhatsApp.



Untuk itu, pengguna harus lebih berhati-hati terhadap segala bentuk atau ciri-ciri yang menunjukkan akunnya tengah disadap. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah ciri WA disadap yang perlu diwaspadai.

Ciri-ciri WA Disadap


1. Akun Keluar Sendiri


Jika akun WhatsApp Anda keluar sendiri secara mendadak, hal ini bisa menjadi indikasi adanya perangkat lain yang mencoba masuk. Bukan karena aplikasi WhatsApp yang bermasalah, pengguna harus waspada dengan kemungkinan penyadapan.



Biasanya, akan muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa nomor telepon pengguna tidak terdaftar dan harus melakukan verifikasi kembali untuk masuk. Jika muncul notifikasi tersebut, jangan klik "oke". Sebaliknya, lakukan verifikasi ulang agar akun WA tak sepenuhnya berpindah ke ponsel lain.

2. Ada Pesan Terkirim Tanpa Diketahui


Mengirim pesan sendiri menjadi ciri paling umum yang menunjukan WhatsApp tengah disadap. Bagaimana bisa seorang pengguna yang tidak merasa mengirim pesan, tiba-tiba akunnya telah menghubungi orang lain.

Jika mendapati kondisi ini, pengguna harus segera mengamankan akunnya. Bisa dengan melakukan verifikasi nomor ulang atau bahkan mengganti nomornya agar lebih aman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4205 seconds (0.1#10.140)