7 Negara dengan Hacker Terbanyak di Dunia, Siapa Nomor 1?

Rabu, 10 Juli 2024 - 09:00 WIB
loading...
7 Negara dengan Hacker Terbanyak di Dunia, Siapa Nomor 1?
Negara-negara dengan hacker terbanyak di dunia penting dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menentukan negara dengan jumlah hacker terbanyak di dunia secara pasti sangat sulit karena sifat aktivitas peretasan yang tersembunyi.

Namun, berdasarkan berbagai laporan dan analisis keamanan siber, berikut adalah 5 negara yang sering dikaitkan dengan aktivitas peretasan yang signifikan berdasarkan laporan dari CyberProof dan Infosec Institute, yang meneliti asal-usul serangan siber berdasarkan berbagai indikator yang terverifikasi selama beberapa tahun terakhir:

1. China

China sering disebut sebagai negara dengan jumlah hacker terbanyak di dunia. Hal ini dikarenakan adanya dukungan signifikan dari pemerintah untuk kegiatan peretasan. Infosec Institute melaporkan, banyak hacker di China yang direkrut oleh militer dan lembaga keamanan negara untuk menjalankan misi-misi rahasia.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga memiliki banyak hacker, baik yang bekerja secara independen maupun yang direkrut oleh pemerintah untuk keperluan keamanan siber. NSA (National Security Agency) memiliki unit khusus yang terdiri dari hacker militer dan sipil yang bertugas memantau dan menyusup ke jaringan komputer di seluruh dunia.

Laporan Norton Cyber Safety Insights menyebut bahwa meskipun Amerika Serikat memiliki infrastruktur keamanan siber yang kuat, negara ini juga merupakan rumah bagi banyak peretas yang terampil. Beberapa kelompok peretas terkenal, seperti Anonymous dan LulzSec, berasal dari Amerika Serikat.

3. Rusia

Rusia dikenal sebagai salah satu negara dengan aktivitas peretasan yang tinggi, terutama yang terkait dengan spionase dan serangan siber terhadap negara lain. Menurut CyberProof, banyak kelompok hacker Rusia yang diduga memiliki hubungan dengan pemerintah dan terlibat dalam berbagai operasi siber global.

4. India

India memiliki populasi hacker yang cukup besar, baik yang bekerja di sektor kriminal maupun yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk keamanan siber. Negara ini juga mengalami peningkatan dalam jumlah serangan siber yang berasal dari dalam negeri.

5. Brazil

Brazil adalah salah satu negara di Amerika Latin dengan aktivitas peretasan yang cukup tinggi. Banyak serangan siber di negara ini yang berfokus pada penipuan finansial dan pencurian data.

6. Korea Utara

Korea Utara dikenal memiliki tim peretas yang sangat canggih dan didukung oleh pemerintah. Kelompok peretas Korea Utara telah dikaitkan dengan berbagai serangan siber besar, termasuk serangan terhadap Sony Pictures Entertainment pada tahun 2014.


7. Iran

Iran juga menjadi pemain yang semakin aktif dalam dunia peretasan. Laporan Cybersecurity and Infrastructure Security Agency (CISA) menyebut bahwa kelompok peretas Iran telah dikaitkan dengan serangan siber terhadap infrastruktur kritis, seperti jaringan listrik dan fasilitasminyakdangas.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0774 seconds (0.1#10.140)