Sneakerhead Waspada, Nike Siap Jual Sneakers di Metaverse

Kamis, 16 Desember 2021 - 19:34 WIB
loading...
Sneakerhead Waspada, Nike Siap Jual Sneakers di Metaverse
Nike baru saja membeli perusahaan sepatu virtual yang membuat NFT dan sneakers RTFKT. Foto: ist
A A A
AMERIKA - Sneakerhead atau kolektor sneaker waspada, sekarang mereka tidak hanya bisa berburu sepatu edisi khusus dan terbatas untuk dikenakan. Namun, mereka juga bisa memburu sepatu virtual di Metaverse untuk dikoleksi.

Ini yang sedang dilakukan Nike. Mereka memastikan para sneaker head akan bisa membeli sepatu virtual dengan nyaman. Karena itu, mereka mengakusisi perusahaan bernama RTFKT Studios.


RTFKT adalah salah satu perusahaan terdepan di Metaverse yang berfokus di jual beli sepatu virtual. Pada Februari tahun ini, mereka berkolaborasi dengan artis FEWOCiOUS menjual sneaker asli plus versi virtualnya sebanyak 600 pasang hanya dalam waktu 6 menit. Harganya? Mencapai USD3,1 juta.

Bagaimana orang bisa membeli sepatu virtual? Bukankah barang virtual mudah ditiru, dikopi, dan tidak orisinil? Apa nilai tambahnya?

Nah disinilah peran platform NFT atau non-fungible token. NFT memungkinkan pengguna membeli dan menjual kepemilikan barang digital sambil melacak siapa yang memilikinya menggunakan blockchain.

Sneakerhead Waspada, Nike Siap Jual Sneakers di Metaverse

Dengan NFT, pengguna bisa membeli berbagai barang virtual yang memiliki nilai. Mulai dari GIF animasi, lagu, item dalam video game, termasuk sepatu virtual. NFT bisa menjadi satu-satunya yang diciptakan atau salinan dari banyak barang. Tapi, kepemilikan barangnya tetap bisa dilacak menggunakan Blockchain sehingga diketahui siapa pemilik file tersebut.

Belum lama ini RTFKT juga berkolaborasi dengan artis Jepang Takashi Murakami, menawarkan sejumlah avatar digital untuk Metaverse lengkap dengan berbagai pernak-pernik seperti aksesoris, pakaian, dan tantu saja sepatu.

Alasan Nike membeli RTFKT adalah karena perusahaan tersebut dianggap memiliki teknologi game, NFT, dan otentifikasi blockchain, serta augmented reality terdepan yang bisa menciptakan produk virtual yang spesial. RTFKT baru berdiri pada Januari 2020.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5221 seconds (0.1#10.140)