Inilah Kode Password yang Sering Dipakai Penduduk Dunia

Sabtu, 20 November 2021 - 08:02 WIB
loading...
Inilah Kode Password yang Sering Dipakai Penduduk Dunia
Password atau kata sandi saat ini melekat pada kehidupan sehari-hari dari mulai password ATM, email dan ponsel.FOTO/ Ilustrasi/ IST
A A A
LONDON - Password atau kata sandi saat ini melekat pada kehidupan sehari-hari dari mulai password ATM, email dan ponsel. Namun ternyata di balik semua itu, penduduk dunia masih menggunakan kata sandi sederhana seperti '123456'.

Seperti dilansir dari Daily Mail (19/11/2021), temuan itu diperoleh berdasarkan studi terbaru oleh NordPass melalui laporan Most Common Passwords yang menemukan bahwa penggunaan kata sandi sangat berbeda di setiap lokasi dan jenis kelamin yang berbeda.

Lebih mengejutkan lagi ketika laporan menunjukkan sebagian besar pengguna masih menggunakan nama mereka sendiri sebagai kata sandi selain tim olahraga favorit, merek mobil, dan nama grup.



Laporan tersebut disaring dan disusun bekerja sama dengan peneliti independen.

Pakar Cyber Security dari ESET, Jake Moore, mengatakan hasil penelitian menemukan bahwa masyarakat masih belum memahami risiko saat menggunakan password yang lemah.

Dia menyarankan kepada pengguna untuk menggunakan pengelola kata sandi yang dapat mengatur kata sandi yang berbeda untuk setiap halaman yang dikunjungi tanpa harus mengingat detailnya.

Diperkirakan 103 juta orang di dunia menggunakan kata sandi 123456, sedangkan 123456789 digunakan oleh 46 juta pengguna dan 12345 digunakan oleh 32 juta orang.

Kata sandi lain dalam 10 grafik teratas yang paling banyak digunakan adalah qwerty, kata sandi, dan 111111.

Studi juga mengungkapkan sangat mudah bagi peretas dengan hanya mengetahui lokasi dan jenis kelamin yang dapat membantu memecahkan kata sandi seseorang.

Misalnya, temuan penelitian ini menemukan bahwa secara keseluruhan wanita lebih suka menggunakan kata-kata positif dan kalimat cinta sebagai kata sandi seperti 'sinar matahari' atau 'iloveyou'.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)