Manusia Pegang Peran Penting dalam Inisiatif Keamanan Siber

Kamis, 04 November 2021 - 16:28 WIB
loading...
Manusia Pegang Peran Penting dalam Inisiatif Keamanan Siber
Secanggih apapun teknologinya, tapi manusianya tidak siap, apapun inisiatif security tidak akan terlaksana dengan baik. Foto: dok MNC
A A A
JAKARTA - Ada beberapa sorotan atau highlight dalam sistem keamanan siber atau cyber security di MNC. Head of Digital Security MNC Group Alfian mengatakan, salah satunya adalah user yang di mana terkait dengan manusia.

Menurutnya, people atau manusia adalah penentu baik tidaknya sebuah teknologi. Sebab secanggih apapun teknologinya, tapi manusianya tidak siap, apapun inisiatif security tidak akan terlaksana dengan baik.



”Kita mungkin punya sistem atau punya teknologi terbaru, apapun itu produknya tapi kalau people development itu tidak kita siapkan ini akan menjadi missing link di insiatif security," ujarnya saat mengisi MNC-eFest 2021 secara virtual, Kamis (4/11).

Dari sisi people atau manusia, inilah yang menurutnya paling sulit untuk dikontrol, apalagi ada klien atau nasabah jika bicara pada sektor keuangan.

Untuk awareness atau pengetahuan dilakukan melalui internal terlebih dahulu. Bagaimana pun, tim internal perlu paham tentang cybersecurity, apa yang boleh dan tidak dilakukan. Terutama saat menerima menerima email yang memang ternyata mencurigakan.

”Nah, itu kita lakukan awareness campaign. Awareness campaign kita lakukan tidak hanya di media tertulis tapi kita juga lakukan dengan menggunakan animasi dan video yang kita sebar di videotron di lingkungan MNC sendiri," ungkap Alfian.

Kemudian dari sisi user yang lain, MNC juga bekerjasama dengan para komunitas dengan melakukan community alignment.

Karena kata Alfian, dalam dunia keamanan siner semuanya terhubung. Sekali merilis apapun ke publik, semua akan terhubung dan butuh partnership dari para komunitas yang ada.



”Komunitas di sini kita bicara tidak hanya yang upperground, tapi juga underground kita lakukan dan untuk mendapatkan informasi kemudian sharing informasi untuk mengetahui knowledge terbaru di cybersecurity,” pungkasnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)