Kelebihan dan Kekurangan LG Puricare Gen 2, Masker Pemurni Udara Canggih

Minggu, 31 Oktober 2021 - 18:18 WIB
loading...
Kelebihan dan Kekurangan LG Puricare Gen 2, Masker Pemurni Udara Canggih
LG Puricare Gen 2 adalah air purifier yang bisa dikenakan untuk melindungi penggunanya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - LG Puricare Generasi 2 menyempurnakan kekurangan yang ada di versi sebelumnya. Ini adalah air purifier tercanggih yang bisa dikenakan konsumen.

Faktanya, selama pandemi riset menyebut bahwa konsumen menjadi lebih tertarik terhadap produk-produk elektronik yang berhubungan dengan kesehatan. Entah itu air purifier atau smartwatch/smartband.



Mengapa? Pertama, karena masyarakat ingin lebih melindungi diri dan keluarga. Kedua, banyak produk-produk elektronik baru yang menawarkan beragam fitur/fungsi. Salah satunya, LG PuriCare Wearable Air Purifier Gen 2 keluaran LG Electronics Indonesia (LGEIN).

Apa sebenarnya LG PuriCare Wearable Air Purifier Gen 2 ? Secara sederhana, LG PuriCare Wearable Air Purifier adalah masker elektronik yang dikenakan di wajah untuk melindungi diri dari Covid-19.

Tapi juga punya fungsi lain sebagai air purifier (penjernih udara) lewat filter HEPA. Jadi, ini adalah perangkat pemurni udara yang bisa dikenakan di wajah.

Nah, generasi kedua ini memiliki sejumlah pembaruan dibanding versi pertamanya. Berikut detilnya:

1. Motor kipas Dual Fans lebih kecil, sehingga lebih senyap dan tidak berisik.
2. VoiceON, yakni mikrofon dan speaker di LG Purifier Gen 2 yang membuat pengguna tidak perlu berbicara keras saat menggunakan masker.
3. Baterai 1.000 mAh, tahan 8 jam sebelum harus di isi ulang dengan selot USB-C.
4. Bisa terhubung ke aplikasi Android/iOS via Bluetooth untuk kapan filter harus diganti, kondisi baterai, hingga pola pernafasan.

Nah, setelah mencoba, ada beberapa hal yang dirasakan oleh SINDOnews. Jika Anda berencana untuk membeli LG PuriCare Wearable Air Purifier Gen 2, simak hal-hal berikut ini:

1. Cara Kerja
Kelebihan dan Kekurangan LG Puricare Gen 2, Masker Pemurni Udara Canggih

Pemurni udara berbentuk perangkat sandang terbaru LG ini dikatakan memiliki bobot lebih ringan dan kenyamanan untuk berbicara tanpa mesti melepasnya. Foto-foto: Sindonews/Danang Arradian

Pengguna tinggal memasang HEPA Filter (mendapat 2 piece) dan inner filter (mendapat 15 piece) dan tinggal menyalakan tombolnya. Fan/kipas di dalam masker mulai berputar. Jika kita bernafas, kipas akan berputar lebih cepat karena ada sensor otomasi aliran udara.

2. Desain Ergonomis
Kelebihan dan Kekurangan LG Puricare Gen 2, Masker Pemurni Udara Canggih

Dari sisi desain, SINDOnews LG PuriCare terlihat sangat modern dan futuristik. Tapi, tidak terlihat norak/berlebihan. Artinya, pengguna bisa mengenakan masker canggih tersebut ke mal, ke kantor, atau ke tempat-tempat umum tanpa merasa canggung.

LG PuriCare tidak akan mengundang perhatian. Tapi, cukup unik untuk mengundang rasa penasaran.

Ukurannya sendiri cukup ramping, dengan berat cuma 94 gram. Sehingga mudah untuk disimpan di tas kecil/micro bag sekalipun. Plus, tidak membuat tas menjadi berat.

3. Kenyamanan
Kelebihan dan Kekurangan LG Puricare Gen 2, Masker Pemurni Udara Canggih

Terus terang, pertama mencoba LG PuriCare memang ada sedikit penyesuaian dibanding memakai masker medis biasa. Terutama saat bernafas. Ketika Anda bernafas, maka baterai dan kipas di dalam masker juga bekerja. Jika merasa sedikit kurang nyaman, itu wajar. Sepintas seperti menggunakan regulator saat diving/menyelam.

Tapi, pengguna akan cepat menyesuaikan diri. Justru, Anda menghirup udara yang bersih karena sudah disaring menggunakan HEPA Filter.

Soal kenyamanan, Face Guard silikon yang menempel si wajah terasa nyaman meski pengguna berkeringat sekalipun. Karena bahannya terbuat dari medical grade, sehingga terasa empuk saat bersentuhan dengan wajah dan tidak membuat iritasi. Face Guard-nya juga bisa dicuci, serta mudah sekali dipasang menggunakan sistem magnet. Canggih.

4. HEPA Filter
Fungsi air purifier (pemurni udara) di LG PuriCare benar-benar sama seperti yang digunakan air purifier yang ada dirumah. Karena menggunakan HEPA Filter yang sama. Menurut penelitian Centers of Disease Control and Prevention (CDC), HEPA filter mampu mengurangi risiko penularan Covid-19 melalui aerosol.

HEPA filter bisa menyaring hingga 99,97 persen debu, serbuk, jamur, bakteri, dan partikel udara berukuran 0,3 mikron. Filter ini bisa membersihkan udara dari debu dan partikel-partikel yang memicu alergi. Jadi, udara yang Anda hirup benar-benar bersih.

5. Santai Hingga Olah Raga
Kelebihan dan Kekurangan LG Puricare Gen 2, Masker Pemurni Udara Canggih

Karena kenyamanannya, LG PuriCare bisa digunakan untuk beraktivitas sehari-hari hingga ke kantor. Atau bahkan jika ingin berolahraga di luar ruangan, pengguna lebih percaya diri. Misalnya, ingin jogging di kawasan Sudirman saat sore hari dengan polusi udara tinggi. Pengguna akan tetap percaya diri menghirup udara yang bersih.

6. Material Bisa Diganti
Ada beberapa komponen di LG PuriCare yang bisa diganti-ganti. Pengguna bisa mendapatkannya di toko online. Jadi, tidak perlu takut. Misalnya HEPA Filter, atau Face Guard silikon yang menempel di wajah.

7. Bonus Pouch
Pengguna mendapatkan bonus pouch untuk membawa-bawa LG PuriCare agar tetap steril dan bersih.

Kekurangan LG PuriCare Wearable Air Purifier Gen 2
Kelebihan dan Kekurangan LG Puricare Gen 2, Masker Pemurni Udara Canggih

Sebagai teknologi baru, LG PuriCare Wearable Air Purifier Gen 2 sudah memiliki banyak sekali perbaikan dibanding versi sebelumnya. Hanya, selama menggunakan, ada beberapa catatan yang dirasakan SINDOnews.

Pertama, soal harga. Perangkat tersebut dibanderol Rp2,5 juta yang cukup mahal. Belum lagi secara berkala pengguna harus mengganti HEPA Filter-nya.

Artinya, pengguna LG PuriCare Wearable Air Purifier Gen 2 adalah orang yang memang memiliki kepedulian terhadap udara yang dihirup. Misalnya, mereka sering berada di lingkungan berpolusi atau berdebu. Atau di tempat-tempat umum yang kualitas udaranya kurang baik, di dalam ruangan ber-AC, atau bahkan tenaga medis di rumah sakit.

Kedua, Anda akan memfungsikan LG PuriCare Wearable Air Purifier Gen 2 sebagai sebuah perangkat elektronik, seperti halnya smartwatch atau smartband. Artinya, perangkat itu harus disimpan, harus di-charge berkala, dan harus dirawat.



Bagi SINDOnews yang sudah terbiasa menggunakan masker medis dan membuangnya setelah selesai dipakai, justru menambah “beban” baru.

Kesimpulannya, LG PuriCare Wearable Air Purifier Gen 2 relevan bagi orang-orang tertentu yang memiliki “concern” lebih terhadap udara, lingkungan sekitarnya, atau kesehatannya. Dan ini adalah perangkat tercanggih yang bisa Anda dapatkan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)